December 9, 2014

Analisis MACRO-ENVIRONMENT Dalam Internet Marketing

Analisis MACRO-ENVIRONMENT Dalam Internet Marketing

Apa yang dimaksud dengan Macro-Environment ? yaitu mengenali faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi strategi Internet Marketing dalam sebuah perusahaan atau usaha.
Ada 3 faktor inti dalam lingkup Macro Internet Marketing :
  1. Faktor Ekonomi
Faktor Ekonomi berkaitan erat dengan daya beli masyarakat. Di Indonesia dan beberapa negara lainnya terjadi fenomena akan desakan kebutuhan kalangan masyarakat menengah (emergency middle class) yang membuat kemampuan daya beli (purchasing power) dari masyarakat meningkat dan memiliki pendapatan yang siap digunakan (disposible income) lebih tinggi, sehingga kebutuhan akan sebuah alat komunikasi berbasis android (baca: mobile gadget) pun meningkat tajam.
Dengan peningkatan penggunaan mobile gadget tersebut, jumlah konsumen yang memiliki akses internet juga meningkat. Dan, para Internet Marketing tentunya dapat memanfaatkan celah yang berkembang ini untuk memaksimalkan dominasi arus informasi melalui Mobile Internet.

     2. Faktor Hukum (Legalitas)
Masing-masing negara memiliki aturan hukum tersendiri yang mengatur tentang penggunaan internet. Seperti misalnya negara Cina yang menganut azas idealisme komunis. Di negara ini pengguna youtube, google search engine dan beberapa situs lain tidak dapat di akses (di block), sehingga dalam mencari konsumen para pelaku marketing harus mempertimbangkan adanya aturan ini. Selain itu, hukum mengenai hak kekayaan intelektual juga merupakan salah satu regulasi penting yang berkaitan erat dengan Internet Marketing.

     3. Faktor Sosial (Komunitas)
Indonesia merupakan negara yang penduduknya memiliki ciri khas tersendiri yaitu senang berkomunitas atau berkelompok. Hal ini sangat mempermudah aplikasi viral marketing untuk menyampaikan informasi.
Dan dalam dunia internet pun komunitas-komunitas sangat banyak, sehingga para pelaku marketing juga dapat memanfaatkan jaringan ini sebagai strategi pemasaran .
Melakukan analisis Macro-Environment akan mempermudahkan para marketer untuk menyusun strategi pemasaran serta tepat sasaran dalam menyebarkan informasi marketing.

dari berbagai sumber 

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...