December 2, 2014

Market Place & Fenomenanya

     Perkembangan dunia internet dewasa ini semakin menjadi kebutuhan sehari-hari bagi hampir semua individu. Hal ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah yang memberikan kemudahan pelayanan akses serta pertumbuhan mobile phone berjenis android yang di gunakan tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi tetapi bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. Ini menjadi sebuah ‘kebutuhan’ terhadap informasi, berita dan perkembangan dunia, baik dari segi fashion, kuliner, politik sampai dengan hanya sekedar untuk eksis di social media seperti facebook, twitter, instagram, path, dll.
     Berbicara mengenai sebuah ‘kebutuhan’, trend ini menjadi perkembangan yang menggembirakan oleh kalangan pebisnis, terutama bagi pemula atau yang sebenarnya mempunyai jiwa bisnis tetapi tidak mempunyai cara atau tempat untuk menyalurkan jiwa bisnisnya tersebut. Dan juga bagi kalangan ‘small bisnis’ seperti usaha kecil (UKM) yang tadinya hanya menjual produk atau usahanya secara offline atau ‘face to face’ atau ‘door to door’ , dengan perkembangan ini mereka dapat memperluas jaringan, menambah pendapatan dengan menjual secara online, memperkaya informasi-informasi untuk lebih memperluas usahanya.
Namun,
     Untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis di Internet tidaklah semudah yang di bayangkan, walaupun terlihat sederhana tetapi cukup sulit jika tidak fokus, konsisten dan berani. Memang, saat ini cukup tersedia berbagai wadah ‘social media’ seperti facebook, twitter, blog gratis yang bisa di manfaatkan untuk berjualan, tetapi berbicara mengenai sebuah bisnis online, itu menyangkut sebuah kepercayaan (trust). Karena pembeli dan penjual tidak saling bertatap muka, serta pembeli tidak dapat menyentuh produk secara fisik. Jika, bisnis atau produk lebih berkembang atau mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pembeli/customer, salah satu solusinya adalah mempunyai sebuah website/toko online/ blog berbayar. Namun, ini pun membutuhkan tingkat fokus, konsisten yang lebih. Kenapa ? karena sebuah website/toko online atau blog berbayar membutuhkan sebuah ‘traffic’ atau pengunjung dan sebuah ‘traffic’ memerlukan SEO (search engine optimized) untuk dikenal oleh mesin pencari di internet ( google, yahoo )agar produk atau website dapat dikenal.
Tetapi,
            Saat ini para pebisnis pemula dan UKM sudah bisa bernafas lega, munculnya berbagai wadah tempat berjualan (baca : Marketplace) yang dikelola oleh tenaga-tenaga professional yang menyediakan segala kebutuhan menyangkut penjualan seperti kasir, nomor rekening untuk transfer pembayaran, pajang produk yang para penjual tidak perlu dipusingkan oleh cara mendatangkan pembeli, membuat frasa/kata SEO karena para pengelola Market Place ini sudah mempunyai ahli/teknik yang cukup mumpuni dalam hal ini.
            Contohnya LAZADA MarketPlace, yang merupakan salah satu pelopor marketplace di Indonesia. Memiliki fitur yang memungkinkan bagi pelaku bisnis bisa saling bekerja sama. “jadi pelaku bisnis bisa meletakkan produknya di tempat kita, mereka tidak perlu repot lagi untuk membuat sebuah website” demikian kata Aditya Jamaludin Head of Online Marketing LAZADA Indonesia dikantornya di jalan Gatot Soebroto Jakarta Selatan baru-baru ini. “Syaratnya sih nggak terlalu ribet, asalkan punya NPWP, menjual barang “ori” (bukan bajakan atau black market), menjaga quality control, dan memberikan fee yang kompetitif,” paparnya.
Pembeli pun sekarang untuk mencari kebutuhan sangat di manjakan, mulai dari kebutuhan Handphone jenis Android murah, sampai dengan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga.
Sekarang, tinggal anda yang memanfaatkannya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...