December 5, 2014

Harold S. Geneen - Sang Manajer Jenius

Harold S Geneen

Nama ini dikenal dan termasyur di dunia bisnis modern jauh melampaui batas-batas Amerika Serikat, karena konon ia adalah manajer bisnis yang paling hebat sejak Alfred P. Sloan, pemimpin jenius yang memperbaharui, membangun kembali dan menghidupkan General Motors sehingga menjadi seperti sekarang ini.
Dilahirkan pada tanggal 22 Januari 1910 ,Bournemouth,Dorset-Inggris , selama 17 tahun menjadi penguasa kerajaan International Telephone And Telegraph Company (ITT), panglima tertinggi perusahaan paling rumit di dunia.
     Ketika ia dipekerjakan sebagai presiden dan pimpinan tertinggi dalam tahun 1959, ITT merupakan sebuah perusahaan yang berumur 39 tahun, dan menghasilkan peralatan telepon dan telegram, dan membawahi sejumlah perusahaan telepon di Amerika Latin, dan membuat jaringan komunikasi bagi Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Ketika terjadi perang dunia II, perusahaan ini mengalami pukulan dan hampir bangkrut. Setelah bertahun-tahun usai perang dunia II, berbagai upaya dilakukan untuk membangun kembali perusahaan ini, namun upaya-upaya untuk itu umumnya gagal. Kolonel Sosthenes Behn, pendiri perusahaan tersebut meninggal dalam bulan Juni 1957 sebagai orang yang sangat kecewa.
     2 tahun berikutnya yaitu pada tahun 1959 ketika Harold S Geneen bergabung, penjualan ITT mencapai $765,6 juta, dengan margin laba tipis sebesar hanya $29 juta , dan $15 juta dari jumlah itu datang dari luar pendapatan atas operasinya, termasuk penjualan bangunan perkantorannya di Manhattan seharga $3 juta.
     Geneen melukiskan ciptaan barunya tersebut sebagai "perusahaan yang menghasilkan banyak produk dengan manajemen bersatu."
Dibawah kepemimpinannya, ITT bukan saja membuat peralatan telepon dan telegram yang sangat canggih serta menjalankan perusahaan-perusahaan telepon, melainkan juga menghasilkan roti dan kue-kue, menyewakan mobil, membangun perumahan, mengoperasikan hotel, menjamin asuransi, menerbitkan buku, menghasilkan katup dan pompa, membuat bagian-bagian mobil, menghasilkan produk pertamanan serta membuat peralatan listrik. Dalam tahun 1977, ketika Geneen melepaskan diri dari jabatan pemimpin tertinggi, penjualan bulanan ITT telah mencapai $16,6 miliar, dengan pendapatan sebesar $562 juta. Ia telah membeli, bergabung, atau mencaplok sekitar 350 bisnis yang beraneka ragam di 80 Negara dan membuatnya menjadi 250 sumber laba yang berbeda.
Itulah Harold S Geneen, sang pelopor dan penemu dari perusahaan multi nasional. Dan tak heran kalau ITT waktu itu dijuluki juga sebagai "Universitas Geneen".
 " Setiap perusahaan memiliki dua struktur organisasi, struktur resmi yang tertulis pada denah, dan struktur lain yang merupakan hubungan hidup setiap hari di antara pria dan wanita dalam perusahaan tersebut."
Sumber : buku 'Mengelola Perusahaan' oleh Harold S Geneen & Alvin Moscow

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...