December 23, 2014

Investasi Syariah

Pengertian Investasi secara umum
Investasi adalah penanaman modal atau sejumlah uang dalam suatu usaha ekonomi dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk masa depan. Tujuan dari berinvestasi adalah mengolah keuangan atau harta kekayaan agar produktif dan mendapatkan nilai tambah.
Umumnya, bentuk investasi yang dapat dipilih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Investasi pada sektor Riil
    Yaitu, investasi dalam bentuk fisik, seperti logam mulia (emas & perak), batu mulia (permata,intan,giok dan berlian), properti (real estate, tanah, toko).
  2. Investasi pada sektor Non-Riil
    Yaitu, investasi dalam bentuk surat-surat berharga seperti deposito, sukuk, dan lain-lain.
    Investasi ini dapat dilakukan dengan dua cara, pertama investasi secara langsung seperti Saham, disebut langsung karena pemilik dapat menentukan kebijakan yang berpengaruh pada investasi surat berharga yang dimilikinya. Dan cara yang kedua adalah Reksadana, yang pengelolaan surat berharga tersebut diwakilkan pada suatu badan atau lembaga yang mengelola investasi para pemegang surat berharga.
Investasi secara Syariah
Dalam kajian ekonomi Syariah, investasi merupakan salah satu pilihan muamalah yang diutamakan dan sangat dianjurkan. Dengan berinvestasi harta yang dimiliki akan menjadi lebih produktif dan dapat mendatangkan mafaat yang luas bagi pertumbuhan ekonomi dan masyarakat.
Rasulullah bersabda,"Berikanlah kesempatan kepada mereka (yang kurang kesejahteraannya), bagi yang memiliki lahan hendaklah mengaryakannya, dan jika tidak bisa dilakukan sendiri hendaklah dikaryakan dengan bekerjasama dengan orang lain". (HR.Muslim).
Ini berarti, tujuan dan manfaat utama yang ditargetkan dari kegiatan investasi syariah adalah timbulnya kemaslahatan ekonomi yang memiliki dampak positif secara luas, baik bagi para pihak yang terlibat dalam investasi tersebut maupun masyarakat sekitar yang bisa mendapatkan peluang kerja dari kegiatan investasi tersebut.

Aturan & Etika dalam ber-Investasi secara Syariah
  • Investasi yang dilakukan secara syariah harus dilandasi pada kesadaran bahwa harta dan semua kekayaan yang kita dapatkan pada hakikatnya adalah titipan dari Allah Subhanahuwa Ta'ala.
  • Memenuhi kriteria Halal
    Berarti seluruh aspek kegiatan investasi yang dijalankan harus benar-benar terhindar dari sesuatu yang diharamkan. Misalnya, tidak berinvestasi pada produk atau barang yang berhukum haram seperti, industri alkohol, pornografi,judi, jasa keuangan yang mengandung ribawi, dan lain-lain. Begitu juga prosedur yang digunakan dalam bertransaksi tidak menggunakan cara penipuan, manipulasi, penyuapan, dan sebagainya. Bahkan niat dan motivasi dalam berinvestasi pun harus terhindar dari yang diharamkan seperti dendam, menghancurkan bisnis pihak lain, memperalat aturan hukum, dan sejenisnya.
  • Sejalan dengan prinsip Maslahah
    Artinya pihak yang terlibat dalam suatu investasi harus benar-benar menerapkan aturan yang ber-orientasi pada prinsip sama-sama untung. Juga harus mempertimbangkan bahwa kegiatan investasi yang dilakukan dapat membuka peluang kerja bagi banyak orang dan menimbulkan dampak kemaslahatan sosial dan ekonomis yang luas.
  • Terbebas dari Praktek Riba, Gharar dan Maysir
    Kegiatan investasi yang dilakukan harus juga terhindar dari unsur Riba, seperti penerapan bunga yang berlipat, terjauhkan dari unsur Gharar (penipuan & ketidak jelasan), dan terhindar dari unsur Maysir, yaitu Spekulasi tinggi seperti perjudian, spekulan uang, dan sebagainya.
  • Manajemen Islami
    Investasi dilakukan berdasarkan etika syariah yang tidak mengandung unsur ketidakjelasan, dilaksanakan secara terbuka, jujur dan adil, serta tidak mengabaikan hak asasi manusia serta merusak lingkungan hidup.
Demikian..

1 comment:

  1. Terima kasih.. Dengan membaca artikel ini wawasan saya tentang ekonomi syariah bertambah.
    Ekonomi syariah memang memiliki banyak manfaat dalam penerapannya. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Ilmu Ekonomi Syariah

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Disini...