December 2, 2014

Kekuatan 'TRIBES' Dalam Sebuah Bisnis

"Dalam perjalanan bisnis online saya selama 11 tahun, saya telah mempelajari berbagai hal untuk dapat menghasilkan uang dari internet. Mulai dari melakukan Search Engine Optimization (SEO), membuat website, dan banyak hal lainnya." ungkap Andry Salim dalam sebuah bukunya yang berjudul 'The Internet Millionaire'.
Memang harus diakui begitu banyaknya pilihan dalam menghasilkan uang di internet justru membuat orang semakin bingung untuk memilih jalan mana yang terbaik. Banyak orang yang terjebak dalam hal ini sebagai seorang newbie yang akhirnya membeli banyak sekali pelatihan-pelatihan online dan menghabiskan jutaan rupiah untuk belajar, namun tidak pernah praktek.
Dalam dunia internet, kita mengenal beberapa istilah yang disebut 'White Hat Marketer' dan 'Black Hat Marketer'. White Hat Marketer adalah para pebisnis online yang meraih penghasilan dengan mengikuti aturan-aturan yang. Umumnya mereka menghasilkan uang dalam tempo waktu yang cukup lama, namun lebih stabil. Dan Black Hat Marketer adalah para pebisnis online yang meraih penghasilan dengan "gaming the system". Umumnya mereka bertindak diluar aturan yang ditetapkan dan mendapatkan penghasilan uang banyak dan cepat, namun biasanya penghasilan mereka tidak bertahan lama dan hilang begitu saja karena sudah di banned .
Agar lebih jelasnya mari kita bahas contoh dari masing-masing istilah ini.
  • White Hat Marketer
    Mereka membuat website yang akan di monetize (di uangkan) dengan menggunakan program Google Adsense dan bertindak sebagai seorang Content Publisher (*hal ini sudah kita bahas pada artikel yang lalu) . Mereka menulis artikel dengan kualitas sangat baik dan mengumpulkan bahan-bahan yang berkualitas. Dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk menaikkan rangking website (website rank) di halaman pertama Google, dengan harapan untuk mendapatkan traffic, menempatkan iklan disana dan pengunjung akan meng-klik iklan tersebut sehingga akan menghasilkan uang. Google Adsense adalah salah satu program dari google yang berguna bagi para pelaku content publisher dengan mendapatkan pembayaran secara CPC (cost per click).
  • Black Hat Marketer
    Mereka sama dengan white hat marketer, bertindak sebagai seorang content publisher dan menggunakan program Google Adsense untuk menghasilkan uang. Namun, dalam penulisan artikel mereka lebih banyak copy dan paste dari content milik orang lain dan atau mereka menggunakan berbagai software yang ada secara online untuk membuat artikel yang panjang tapi tidak berkualitas, yang penting ada content. Karena memang artikel itu ada agar Google Adsense dapat menyesuaikan iklan yang akan ditampilkan di website tersebut. Kualitas artikel yang buruk dan banyaknya iklan yang memenuhi layar monitor pengunjung website (over the fold) itu melanggar dari Terms Of Service (TOS) dari Google Adsense. Mereka juga membeli berbagai traffic yang murah dan tidak berkualitas untuk mendatangkan pengunjung cepat ke website mereka. Dan berbagai cara dilakukan agar tidak ketahuan oleh Google Adsense. Namun 'raksasa' ini mempunyai operation system yang canggih, dan biasanya tidak akan bertahan lama karena setelah ketahuan oleh Google, maka account mereka akan langsung di banned dan pendapatan pun hilang.
Contoh diatas menjelaskan seorang white hat marketer dan black hat marketer dari segi content publisher, namun dapat juga ditemukan dalam berbagai jenis model bisnis internet lainnya. Untuk itu mari kita bahas agar bisnis kita bisa bertahan lama, pada pembahasan artikel sebelumnya yaitu Be A Entrepreneur dan Kiat Sukses Berbisnis Internet , tahap yang terpenting lainnya untuk membangun kerajaan bisnis adalah membentuk TRIBES INTERNET BLUEPRINT .
Apa itu Tribes?
Tribes adalah sebuah perkumpulan, atau bisa dikatakan komunitas atau bisa juga berupa FansClub atau FansPage yang mana masing-masing anggota bisa saling berkomunikasi dan Kita sebagai Leader-nya.
Seth Godin, salah seorang guru marketing dunia berbicara mengenai tribes tersebut adalah sekumpulan orang yang ingin di pimpin dan berkumpul atas dasar suatu minat yang sama.
Inilah cara jenius marketing yang dilakukan oleh perusahaan Apple. Mereka menghabiskan banyak tenaga dan waktu untuk membentuk tribes mereka dan setelah itu menciptakan produk untuk tribes mereka tersebut. Dan hasilnya, tidak heran kita melihat orang-orang pencinta produk handphone label Apple akan rela mengantri berjam-jam dan bahkan sampai menginap didepan kantor Apple pada waktu launching produk keluaran terbaru hanya untuk menjadi orang yang pertama memiliki produk keluaran terbaru tersebut. Sangat tidak masuk akal bagi kita yang berada diluar tribes tetapi setelah kita masuk ke dalam tribes semua menjadi masuk akal.
Mungkin kita sudah dapat sedikit gambaran mengenai apa itu tribes dan mengerti pentingnya kekuatan tribes tersebut, namun akan muncul sebuah pertanyaan, "Bagaimana menemukan tribe yang sangat lapar untuk Anda pimpin?", sayangnya untuk menjawab pertanyaan ini tidak ada cara yang singkat atau instan (push-button solution) untuk melakukannya. Dalam pencarian ini kita membutuhkan sebuah usaha yang keras dan logika. Ini merupakan sebuah seni tersendiri dimana tidak ada rumus yang pas untuk membuat seperti bagaimana pencinta produk Apple bisa rela mengantri berjam-jam. Semua membutuhkan Ketekunan dan Usaha yang keras.
Hanya diakhir kalimatnya, Seth Godin mengatakan,"Daripada Anda mencari pelanggan atas produk Anda, akan lebih baik jika Anda mencari produk atau jasa untuk Tribes Anda.
Itulah sesuatu yang Powerfull!

Sumber : Andry Salim dalam bukunya yang berjudul "The Internet Millionaire" 

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...