December 2, 2014

Kiat Sukses Berbisnis Online

     Sering kita mendengar orang melontarkan pertanyaan “Bagaimana caranya sukses berbisnis online?”, dan jawabannya pun beragam dari beberapa pakar seperti : mulai dari langkah harus mempunyai website, menguasai traffic ke website, membuat e-mail list sebagai database untuk promosi produk, dll. Dan jawaban-jawaban tersebut sebenarnya betul tetapi sekaligus juga bisa salah. Betul, karena semua jawaban tersebut bersifat teknis dan memang salah satu kunci dalam mendatangkan income melalui online. Tetapi bisa juga salah, karena kebanyakan orang terlalu fokus terhadap hal-hal yang bersifat teknis di atas dan ingin mendapatkan uang banyak dari online secara cepat tetapi lupa akan satu hal yang menjadi kunci inti dari berbisnis yaitu Mental!. Ya..kita harus mengasah mental terlebih dahulu sebelum terjun di bisnis online.
     Banyak orang terjebak dengan melihat beberapa mentor atau pembimbing atau katakanlah senior di bisnis online dapat menghasilkan uang yang banyak di internet dengan hanya ‘menekan tombol’ maka mereka pun akan bisa kaya seperti mereka (mentor) tersebut, dan tidak sedikit pula orang akhirnya tanpa di sadari menghabiskan uang yang banyak untuk mendapatkan materi-materi yang ditawarkan para senior (mentor) agar bisa kaya secara instan tetapi akhirnya tanpa mendapatkan hasil apapun.
     Tetapi jika dipelajari dan dilontarkan dua buah pertanyaan, benarkah para mentor atau senior tersebut bisa kaya dengan cara instan dan hanya dengan menekan tombol?, apakah mereka tidak ada usaha lain selain hanya menekan tombol?, jawabannya mari kita gali dengan beberapa fakta dibawah ini seperti yang paparkan oleh Andry Salim seorang Entrepreneur, Internet Marketer dan Direktur Life Excellent Center (LEC) dalam buku “The Internet Millionaire”, untuk menjual materi-materi para senior tersebut membutuhkan persiapan yang matang, seperti:
  1. Pembuatan Produk.
  2. Membuat Sales Page.
  3. Mengurus pembayaran.
  4. Mencari dan mengurus partner penjualan (joint venture).
  5. Mengurus support terhadap produk mereka.
  6. Dan lain-lainnya.
Jadi, kalau hanya sang guru bisa kaya hanya dengan cukup menekan tombol saja, kenapa mereka harus melakukan point-point di atas yang cukup merepotkan. Itu semata-mata bahwa kita tidak bisa kaya hanya dengan menekan tombol. Yang kita butuhkan adalah sebuah mindset atau pola pikir yang harus dimiliki, mindset tersebut adalah:
  1. KETEKUNAN
“Ketika kita menjual sebuah produk dan ternyata gagal, kita perlu ketekunan untuk mencoba lagi entah itu dengan produk yang lain atau kita bisa mengubah cara penjualan kita,” kata Andry Salim lagi.
Ketika kita tergoda untuk bermalas-malasan di depan televisi, kita perlu tekun untuk menyemangati diri sendiri agar segera kembali ke laptop atau computer untuk melanjutkan pekerjaan kita.
  1. FOKUS
     Banyak yang terjadi dalam dunia online ini orang yang menjadi “kutu loncat”, yaitu orang yang tergiur dengan berbagai janji menjadi kaya di bisnis online dengan mudah dan meninggalkan apa yang baru di pelajari dan bahkan belum dipraktekkan. Orang-orang ini akan menjadi makanan empuk bagi para guru-guru “internet marketing” dengan menjual berbagai materi. Bukan materinya yang salah tetapi materi yang baru didapat dan belum dipraktekkan sudah berpindah ke materi yang lain. Jadi jika kita mempunyai satu keahlian dan cobalah fokus cari materi yang berhubungan dengan keahlian tersebut dan mempelajarinya lalu menguasai materi tersebut dan dipraktekkan.
Contohnya : jika kita suka dengan Facebook dan cukup menguasainya, ambillah keputusan bahwa kita akan menghasilkan uang dari Facebook tersebut. Lalu fokus lah dengan hal-hal yang berhubungan dengan Facebook tersebut. Seperti mempelajari bagaimana caranya membuat Facebook Fanspage, dan bagaimana memasang iklan di Facebook yang efektif. Dan jika membutuhkan materi-materi baru, carilah materi dari guru-guru yang ahli di bidang Facebook. Ambil waktu dan gunakan ketekunan dalam mencoba berbagai hal di Facebook sampai benar-benar bisa menghasilkan uang.
     Dan, jika sudah menghasilkan uang secara maksimal sehingga menjadi passive income, baru kemudian diversifikasi dengan melebarkan bisnis memanfaatkan sumber traffic lain untuk meningkatkan penghasilan bisnis online.
     Karena tidak ada orang yang bisa kaya dengan membuka usaha atau bisnis dengan 3 cabang bisnis yang berbeda secara bersamaan sekaligus. Rata-rata mereka fokus terhadap satu bidang bisnis dan setelah berhasil baru membuka cabang bisnis lain untuk sumber pendapatan.
     Jadi kesimpulan dari semuanya adalah untuk sukses berbisnis online kita harus menanamkan mindset terpenting yaitu Tekun dan Fokus terlebih dahulu baru menguasai hal-hal teknis bidang bisnis.
Sumber : Buku “The Internet Millionaire” karya Andry Salim – Entrepreneur,Internet Marketer dan Direktur Life Excellent Center (LEC).

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...