December 2, 2014

Mengelola Manajemen

     Manajemen harus MEMIMPIN!..Ini ungkapan kepercayaan yang sederhana, mungkin mendekati pernyataan atau pengungkapan rahasia sukses dalam bisnis, dalam kehidupan profesional, dalam hampir apa saja yang Anda lakukan.
     Untuk memberikan batasan istilah, "manajemen" ialah kelompok para manajer yang menjalankan roda suatu bisnis, suatu usaha atau apapun. "Memimpin" berarti menyelesaikan sesuatu, mencapai sesuatu yang telah dijadikan sasaran, kita sendiri atau tim manajer. Sasaran itu di anggap layak untuk di upayakan.
     Para manajer bisnis menyusun rencana bisnis dan anggaran yang dirancang untuk menghasilkan pendapatan yang memuaskan pada akhir suatu periode fiskal tertentu. Suatu rencana bisnis adalah sasaran yang hendak di capai. Mengelola berarti bahwa sekali kita menetapkan rencana bisnis kita dan anggaran kita untuk tahun itu, kita harus mencapai penjualannya, bagian pasar, pendapatan, atau apa pun yang telah kita sasarkan sendiri. Dalam dunia bisnis, setiap orang selalu bekerja dalam lingkungan dimana ada perbenturan maksud yang memang sah-sah saja, dan 'maksud-maksud' itu dikuasai oleh kepentingan pribadi. Contohnya, Para langganan meminta harga yang lebih murah atau rendah, para pemasok meminta harga yang lebih tinggi, karyawan meminta upah yang lebih tinggi, dan para pimpinan perusahaan menginginkan pendapatan yang lebih besar. Di sisi lain para kompetitor mencoba menjual produk yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah. Tugas seorang Manajer adalah mengelola semua itu. Terlebih lagi berusaha pada akhir tahun itu dapat memberikan hasil yang memuaskan tujuan-tujuan yang berbenturan tadi maupun sasaran yang telah di tetapkan oleh perusahaan. Dalam bisnis akan selalu ada masalah dan tugas seorang manajer adalah memecahkan masalah tersebut. Jika tidak, Anda bukanlah seorang Manajer.
     Menilai keberhasilan manajemen bukanlah pekerjaan yang subyektif. Penilaian itu dapat di ukur pada akhir kuartal atau akhir tahun dengan perhitungan rugi-laba. Dan disitu baru dapat di simpulkan bahwa manajemen itu mengelola atau tidak mengelola.
Harold S. Geneen seorang Manajer sukses dan selama 17 tahun menjalankan ITT (The International Telephone and Telegraph Company) di Amerika dan dengan keberhasilan yang konsisten membangun perusahaan tersebut menjadi satu jaringan raksasa dengan 250 pusat laba tersebar di empat benua mengungkapkan dalam sebuah bukunya yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berjudul " Mengelola Perusahaan" bahwa kami menggunakan apa saja yang ada pada kami untuk mencapai hasil-hasil. Kami menggunakan apa saja yang telah kami pelajari disekolah-sekolah atau kampus-kampus, apa saja yang telah kami pelajari dari pengalaman kami sendiri dalam bisnis, kami menggunakan naluri dan kami menggunakan otak kami dalam membangun perusahaan tersebut. "Pimpinan harus memimpin" menjadi kredo kami di ITT. Itu berarti kami akan melakukan apa saja yang perlu kami lakukan (asal jujur dan legal) untuk membawa hasil-hasil yang kami kehendaki.
Manajemen yang baik itu lebih dari pada sekedar menyelesaikan masalah-masalah manakala ada yang muncul. Perencanaan yang baik harus memuat pula ancang-ancang untuk menangani permasalahan yang barangkali akan muncul dan memuat pula langkah-langkah yang akan di ambil untuk menghindarinya. Seorang manajer yang baik belajar dari pengalamannya dan pada saat ia mengepalai sebuah perusahaan atau suatu divisi seharusnya ia telah mengembangkan semacam indera ke enam untuk mengetahui mana yang akan berhasil dan mana yang tidak akan berhasil.


Sumber : Harold S. Geneen dalam buku " Mengelola Perusahaan"

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...