December 11, 2014

Metode Pemasaran Bisnis

Metode Pemasaran Bisnis

Jika saat ini Anda sudah memiliki sebuah bisnis (offline) tapi belum memanfaatkan internet sebagai media pemasaran, maka sekaranglah saat terbaik untuk memulainya. Bisnis apa saja sih yang bisa kita pasarkan melalui internet? Semua jenis bisnis bisa kita promosikan melalui media internet, tentunya Anda harus membidik target market yang potensial untuk bisnis Anda.
Lalu bagaimana cara memasarkan atau mempromosikan bisnis offline Anda melalui internet? Berikut akan saya bahas secuil tentang metode pemasaran bisnis Anda melalui media internet.

1. Membuat Website Untuk Bisnis Anda
Jika Anda punya bisnis offline dan ingin mempromosikannya melalui internet, maka langkah pertama yang HARUS dilakukan adalah membuat sebuah website untuk bisnis tersebut. Jika Anda kesulitan membuat website, Anda bisa menyewa jasa seseorang yang bisa membuatkannya untuk Anda.
Sebaiknya jangan menggunakan fasilitas gratisan jika memang serius mengembangkan bisnis melalui internet. Gunakan fasilitas berbayar untuk website Anda (menggunakan domain unik dan hosting sendiri). Berbayar bukan berarti harus mahal, ada banyak layanan pembuatan website yang cukup terjangkau, biasanya layanan tersebut sudah termasuk biaya sewa hosting dan domain. Intinya, bisnis Anda harus punya website.

2. Memanfaatkan Media Sosial
Setelah Anda membangun website bisnis, langkah selanjutnya adalah mempromosikan website bisnis tersebut di berbagai media sosial. Jaman sekarang siapa sih yang tidak pakai Facebook, Twitter, Google plus, atau media sosial lainnya. Tentunya media sosial ini sangat efektif untuk mempromosikan website bisnis Anda nantinya. Di media sosial, kita bisa membangun komunitas sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda dan menjadi pelanggan.
Menurut saya, Facebook adalah salah satu media sosial yang paling efektif untuk memasarkan bisnis Anda di internet. Facebook digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita, dan menjadi sarana bersosialisasi secara online yang sangat nyaman bagi para penggunanya. Mempromosikan usaha Anda di Facebook tidak hanya akan meningkatkan penjualan, tapi juga akan membantu Anda mengumpulkan data base para pelanggan Anda sehingga nantinya akan lebih mudah untuk memberikan penawaran ulang kepada mereka.

3. Memanfaatkan Situs Periklanan
Sebagus apapun produk yang Anda miliki bila tidak didukung oleh pemasaran yang baik, maka hasil penjualannya tidak akan bagus. Nah, salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk atau bisnis Anda adalah memanfaatkan situs periklanan. Sebenarnya ada banyak media periklanan online yang bisa kita manfaatkan, tapi sebaiknya kita gunakan media yang paling efektif saja.
Saya pribadi lebih menyukai beriklan di situs Facebook.com dan juga di Google Adwords. Kedua layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena itu kita harus jeli dalam memanfaatkannya. Masih ada banyak situs lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk berpromosi, nanti akan saya bahas di email-email berikutnya.

4. Memanfaatkan Search Engine (Google, Yahoo, Bing)
Mengoptimalkan situs bisnis Anda di search engine akan memberikan keuntungan jangka panjang. Jika website bisnis Anda berada di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu, kemungkinan besar visitor website Anda akan meningkat pesat, tentu saja ini akan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.
Sayangnya, untuk membuat website bisnis Anda berada di halaman utama search engine bukanlah perkara sepele. Dibutuhkan tehnik khusus yaitu tehnik SEO (Search Engine Optimization) yang tidak semua orang bisa melakukannya. Boleh dibilang tehnik ini agak sulit, tapi bukan berarti tidak bisa kita kuasai. Tehnik SEO ini nanti bisa kita bahas .
Apakah internet marketing untuk promosi hanya dengan 4 cara di atas? Tentu tidak, ada banyak sekali strategi pemasaran online saat ini. Yang saya sebutkan di atas adalah beberapa yang populer dan banyak dilakukan oleh para internet marketer, tentunya Anda juga bisa melakukannya.
--Oleh KaisarBudiAbduh--
WebDesign & Online Store
--Sumber dari Marikxon Manurung--


No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...