January 16, 2015

Garasi - Titik Awal Kesuksesan YOUTUBE

Pada tanggal 9 Oktober 2006, dari Mountain View - California, satu berita besar tersebar ke seluruh dunia. Semua rumor dan dugaan yang beredar pada waktu itu segera terjawab. Hampir semua media massa dari seluruh dunia meliput berita ini. Hari itu, Google Inc..perusahaan search engine terbesar di dunia mengumumkan bahwa mereka akan meng-akuisisi sebuah perusahaan yang didirikan oleh tiga orang anak muda yaitu YOUTUBE. Sebuah perusahaan penyedia layanan jasa bagi orang-orang yang ingin melihat dan berbagi video mereka melalui internet. Harga yang ditawarkan sangat bombastis, mencapai 15,67 Trilyun Rupiah! dalam bentuk saham.
     Youtube memang menjadi sebuah fenomena dan menjadi ikon pada saat ini dalam dunia internet, dan tahukah Anda bahwa pada waktu Google Inc meng-akuisisi nya, youtube baru dikembangkan selama lebih kurang 21 bulan! Kenapa raksasa ini berani mengambil keputusan ini ? Jawabannya bisa dilihat pada saat sekarang, hampir semua orang dijagad ini yang mengenal internet akan tahu manfaat dari youtube. Tetapi, siapa sebenarnya orang yang berada dibalik kesuksesan youtube ini? mari kita pelajari awal pendiriannya.
     Youtube didaftarkan pertama kali dengan nama domain YouTube.com pada tanggal 15 Februari 2005. Situsnya sendiri mulai dibangun beberapa bulan setelahnya. Tiga orang anak muda: Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim awalnya menjadikan garasi milik dari salah satu dari mereka untuk dijadikan kantor sementara di Menlo Park. Garasi tersebut sangat sederhana, walaupun tidak besar tetapi dapat menampung beberapa komputer sekaligus. Lalu pada bulan Mei 2005, YouTube akhirnya di launching ke publik, awalnya hanya sekedar situs preview-nya saja. Dan enam bulan berikutnya baru memulai debutnya.
Garasi tampaknya menjadi tempat untuk mengawali kesuksesan seperti itu, kita masih ingat sejarah awal seperti Apple, Microsoft, eBay dan Hawlet Packard yang memulai debut usahanya dari sebuah garasi, sehingga salah satu media ternama di Amerika Serikat mengatakan bahwa "langkah memulai usaha dari garasi sebagai langkah-langkah malaikat karena sangat sederhana, sekaligus sangat dekat dengan aroma kesuksesan".
     Dalam waktu relatif singkat, YouTube menjelma dan berkembang menjadi besar, situs tersebut memperoleh gelombang publikasi awal ketika menampilkan video singkat berjudul lazy sunday yang diambil dari acara populer Saturday Night Live.

Itulah Kesuksesan 3 orang anak muda membangun sebuah kerajaan bisnis raksasa berawal dari sebuah kesederhanaan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...