January 5, 2015

Inovasi Tiada Henti

Inovasi merupakan syarat utama bagi pelaku bisnis dalam bidang apapun agar dapat diterima oleh konsumen serta tetap eksis dalam persaingan mengingat kondisi market yang selalu berubah-ubah. Walaupun demikian, untuk menggapai semua itu tidaklah mudah, lantaran pelaku bisnis dituntut untuk lebih fokus dan konsisten dalam memberikan nilai lebih kepada konsumen.
     Hakikat inovasi adalah memberikan sesuatu yang baru kepada market, namun yang membedakan setiap inovasi terletak dari pengertian seberapa baru inovasi tersebut diciptakan dan bagaimana cara penerapannya. Selain itu, inovasi harus memiliki kesepakatan antara pelaku bisnis dan pasar bahwa ada nilai lebih yang ditawarkan dan dapat diterima bersama. Menurut pengamat pemasaran, Adnan Purinto "Perusahaan harus menciptakan inovasi yang memberi manfaat besar dan dirasakan secara langsung oleh konsumen".
Bila dicermati, inovasi yang dilakukan para pelaku bisnis di Indonesia saat ini masih cenderung ke arah produk. Hal ini di dorong oleh pola pikir bahwa segala sesuatu soal inovasi harus terlihat nyata dan mudah dicerna, sehingga perusahaan lebih cenderung melakukan dalam bidang itu supaya mudah diterima oleh konsumen. Padahal inovasi bukan hanya sebatas itu, peluang inovasi masih sangat luas  bukan hanya dilihat dari segi produk atau teknik pengemasannya saja, tetapi dapat dilihat dari cara menciptakan pasar dan bisnis proses serta strategi harga yang baru, demikian tambah Adnan Purinto lagi.
     Sebenarnya inti dari semua kegiatan marketing yang bisa meningkatkan nilai perusahaan inilah yang disebut inovasi. Adnan menyarankan bila ingin melakukan inovasi dengan baik, setiap pelaku bisnis harus sering melihat implementasi sebuah inovasi pada industri yang lain, jangan hanya terpaku pada praktek bisnis yang sama, karena terkadang ide inovasi yang baik datang dari bidang industri yang lain.
Para marketer harus banyak berinteraksi dan bersosialisasi dengan marketer industri lain, guna menghasilkan inovasi yang baik dan tepat.





Sumber: Adnan Purinto - Pengamat Pemasaran | Majalah Marketing

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...