January 2, 2015

Kunci Sukses Kampanye Brand

Tidak sedikit pemasar yang mengalami kegagalan dalam meng-kampanyekan sebuah merek. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari masalah teknis di lapangan, sampai kesalahan di langkah awal. Yang paling sering terjadi adalah kesalahan menetapkan strategi, atau kebingungan ketika menangani produk yang secara segmentasi belum jelas.
     Umumnya, pemasar dalam melakukan strategi komunikasi tidak siap akan tiga hal. Pertama, menentukan apa yang hendak dikatakan kepada pelanggan (what to say); Kedua, memikirkan cara menyampaikan hal tersebut (how to say), dan Ketiga, adalah pertimbangan lokasi yang tepat dan kapan akan melakukannya (where to say). tetapi, kesalahan yang paling terjadi adalah pada faktor Pertama. Para marketing sering kali tidak tahu apa yang akan dikatakan kepada konsumen tentang produknya. Hal ini karena mereka tidak siap menghadapi perilaku konsumen dari target produknya. Sebagai contoh, ada pemasar yang menggunakan bahasa asing untuk mengomunikasikan produknya yang sebetulnya banyak dipakai untuk kalangan menengah kebawah. Juga pemakaian bahasa yang terlalu tinggi atau kemasan iklan yang sulit dicerna oleh audience, demikian menurut Darmadi Durianto, pengamat pemasaran dan pengajar Magister Manajemen di IBII. Sebaiknya, sebelum merancang kampanye harus diketahui dulu poin penting yang akan disampaikan kepada konsumen, karena yang perlu diperhatikan adalah diferensiasi produk (Perbedaan produk kita dengan yang lainnya). setelah menemukan diferensiasi produk, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara mengomunikasikannya kepada konsumen. Pada faktor ini, pemilihan kata yang tepat & menarik ikut menentukan keberhasilan sebuah kampanye produk.
     Masuk kepada faktor yang ketiga adalah, mengenai pemilihan media komunikasi atau kampanye yang tepat. Jika media yang dipilih salah, tudak sesuai dengan target market, maka seakurat apapun diferensiasi ditemukan dan sebagus apapun kalimat yang dirancang akan menjadi percuma.
Faktor pengaruh media sosial saat ini cukup membawa dampak pengaruh yang signifikan dalam mengangkat sebuah merek, jangkauan dan pengguna seperti Facebook dan Twitter yang sangat luas merupakan alternatif kampanye pilihan yang utama dewasa ini oleh para marketer dalam berkomunikasi dan menjangkau konsumen yang lebih luas.
Tetapi semua tergantung dari produk itu sendiri dan kuatnya hasil riset serta kejelian dari pemilik brand.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...