January 2, 2015

Membangun Tim Kerja Yang Unggul

Tumbuhkan komitmen !
Itulah kata kunci yang tepat dalam membangun dan mengembangkan sebuah organisasi perusahaan. Ya, komitmen adalah bahan baku dalam membangun kerjasama tim dalam bidang apa saja agar sebuah organisasi tetap kokoh. Tanpa adanya 'komitmen', kerjasama tim apapun tidak akan menghasilkan output yang optimal.
     Mengapa komitmen begitu penting? karena setiap orang mempunyai kesibukan dan memiliki tugas dan prioritas dalam agendanya masing-masing. Pekerjaan tim hanya akan diletakkan dalam daftar panjangnya prioritas tadi, kecuali ia menemukan alasan untuk benar-benar berkomitmen kepada tim serta tujuannya. Tanpa komitmen, mereka tidak akan sepenuhnya berpartisipasi dalam tim.
Ada dua bagian dalam berkomitmen ini. Pertama, seseorang harus memiliki komitmen kepada tim dan tujuannya, dan Kedua, mereka harus memiliki komitmen untuk individu-individu yang ada dalam tim tersebut. Mereka harus memiliki kepercayaan kepada para anggota yang ada dalam tim terlebih dahulu, baru kontribusinya akan muncul setelahnya.
     Ada perbedaan antara menyukai individu dan menyukai tim, dan ada perbedaan besar antara berkomitmen untuk orang-orang didalam tim dengan berkomitmen untuk pekerjaan dan tujuan dari tim itu sendiri. Keduanya diperlukan. Mengabaikan fakta ini, resiko yang timbul akibat kelalaiannya sangatlah besar bagi seorang pemimpin. Mengapa demikian? Karena salah satu tugas dari seorang pemimpin atau manajer dalam level apapun adalah membangun atau mengembangkan tim unggulan. Membentuk tim, mengembangkan dan mempertahankannya adalah sebuah pekerjaan yang rumit bagi seorang pemimpin karena banyak faktor yang mempengaruhinya, tapi pentingnya membangun sebuah komitmen merupakan sebuah keharusan.
     Lalu, faktor apa saja yang membangun komitmen individu yang berada dalam sebuah tim? Antara lain:

  • Kepercayaan / trust

Kepercayaan yang harus dibangun dalam sebuah tim adalah kepercayaan yang bersumber dari : Pertama, kepercayaan antara atasan terhadap bawahannya. Kedua, kepercayaan antara bawahan terhadap atasannya. Dan ketiga, kepercayaan antara sesama anggota tim. Dan ketika kepercayaan tumbuh dan harmonisasi hubungan mulai terjalin, maka hubungan antar individu semakin erat, motivasi akan meningkat, dan komitmen pun mulai terbentuk. Untuk memulainya, pemimpin berperan penting dalam membangun kepercayaan ini.

  • Kesepakatan

Kesepakatan dibuat pada dasarnya untuk mengatur perilaku seseorang atau sekelompok orang agar tercipta harmonisasi dalam rangka mencapai tujuan bersama. Kesepakatan yang baik adalah kesepakatan yang diterima oleh tim, dengan demikian satu sama lain bisa saling menjaga dan mengingatkan jika ada yang melanggar, apalagi yang hendak keluar dari kesepakatan itu. Guna membangun komitmen yang tinggi sebagai pemimpin, kita harus melibatkan seluruh anggota tim untuk berkontribusi dalam memberikan ide maupun sumbangsih lainnya, dan ketika kesepakatan itu telah ditetapkan, tugas pemimpin adalah mengatur ritme agar setiap anggota berpegang teguh dalam menjalankan kesepakatan tersebut. Dan, dalam hal ini pemimpin wajib memberikan teladan kepada anggotanya, karena jika pemimpin sudah melanggar sendiri komitmen, maka dipastikan anggota yang lain akan ikut. Dan, cara tercepat untuk merusak komitmen adalah dengan melanggar kesepakatan yang telah ditetapkan.

  • Kerjasama 

Kerjasama dan dukungan juga merupakan faktor kritis dalam membangun komitmen dalam sebuah tim kerja, karena kita tahu bahwa masing-masing anggota mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu diperlukan rasa saling mendukung diantara sesama anggota tim kerja dan menciptakan sinergi dalam kelompok. Sikap mau bekerjasama dan saling mendukung akan menciptakan kebersamaan dan menutup jurang pemisah antara sesama anggota, dengan kata lain tidak adanya rasa superior dan inferior. Serta sikap profesional dari masing-masing anggota yang dapat memisahkan antara masalah pribadi dengan peran kerja dalam tim akan membentuk sebuah organisasi yang solid.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...