January 6, 2015

Pentingnya Peran Marketer

Marketing memiliki peran yang sangat penting dalam 'menggelindingkan' roda bisnis yang menguntungkan perusahaan. Kenapa? Karena produk yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan, seakan sia-sia tanpa diketahui oleh pasar. Disinilah peran penting marketing bagi perusahaan untuk menempatkan suatu produk di pasar agar mudah diketahui oleh konsumen. Seorang marketer harus mempunyai kiat-kiat yang jitu untuk dapat menembuskan dan mengembangkan produknya dipasaran, apalagi di tengah persaingan yang semakin tinggi pada era pasar global saat ini. Disamping ide kreatif dan inovasi yang harus selalu timbul dalam jiwa seorang marketer, dunia marketing sangat dekat dengan media dan alat promosi yang membutuhkan desain, untuk itu mau tidak mau desain merupakan salah faktor pendukung yang harus dikuasai oleh seorang marketer untuk dapat menjalankan (strategi) marketingnya, dan kalau strateginya bagus tetapi 'desain' tidak mendukung maka komunikasi (pesan) terhadap konsumen kemungkinan bisa gagal, sehingga ber-efek terhadap target penjualan yang tidak tercapai.
     Hal lain yang perlu di kuasai oleh seorang marketer adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, baik dari segi menjual maupun dari cara pendekatan terhadap konsumen. Pendekatan yang utama harus dilakukan adalah bagaimana dapat meluangkan waktu sebanyak-banyaknya terhadap 'klien' dan total dalam pelayanan, Karena seorang marketer berbeda dari seorang sales dalam pengertiannya. Perbedaannya adalah seorang sales, menjual sebanyak-banyaknya tanpa melihat kepuasan pelanggan sedangkan seorang marketer akan menjual produk sebanyak-banyaknya dari kepuasan pelanggan.
     Untuk dapat menjalankan & menerapkan semua strategi dan prinsip-prinsip marketing tersebut, seorang marketer harus menguasai makro dan mikro ekonomi pasar. Serta yang terpenting adalah sebuah integritas!

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...