January 3, 2015

Tipe - Tipe Kepemimpinan

Menyambung pembahasan sebelumnya mengenai Jiwa Kepemimpinan, berikut ini saya membahas mengenai tipe dari kepemimpinan itu sendiri dari sudut pandang sales & marketing.
  • Kepemimpinan berdasarkan Prestasi
Pada tingkat kepemimpinan ini, para bawahan mengikuti si pemimpin berdasarkan kekaguman atas prestasi sang pemimpin di perusahaan. Pada tingkat kepemimpinan ini, kerja begitu menyenangkan, tantangan-tantangan kerja terlihat sebagai kesempatan-kesempatan, dan lingkungan kerja umumnya stabil. Kunci untuk menjadi tipe kepemimpinan ini adalah keberhasilan tim untuk mencapai sasaran yang direncanakan bersama. Prestasi dibuat dengan cara membangun kekaguman pengikut-pengikutnya berdasarkan kerberhasilan mengeksekusi tugas-tugas anggota tim dan memberikan hasil yang optimal. Tipe kepemimpinan seperti ini menyerupai tipe karismatik. Kata-katanya yang bijak menjadi panutan bagi setiap anggota, kesuksesan menjadi contoh yang bisa menginspirasi para bawahan. Dan dalam tingkatan kepemimpinan seperti ini biasanya mempunyai gaya yang unik dalam 'menjual'. Karena karakternya yang unik tersebut, tidak semua anggota tim bisa mengikuti gaya menjualnya, hal ini dipengaruhi oleh faktor kepribadian yang berbeda-beda dari setiap orang.
  • Kepemimpinan berdasarkan pengembangan SDM
Pada tingkatan ini, para anggota mengikuti si pemimpin berdasarkan hasil dari apa yang dilakukan sang pemimpin kepada anggota. Semua pemimpin mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan sumber daya manusia seluruh bawahannya. Kunci untuk menjadi tipe kepemimpinan ini adalah, bagaimana sang pemimpin mampu mengembangkan SDM bawahannya.
     Sales leader ditingkat ini tidak hanya melihat para salesman sebagai orang-orang yang mampu mencapai target, melainkan sebagai orang yang mempunyai potensi sangat besar, orang yang bisa dikembangkan, dan menginspirasi mereka untuk selalu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Pemimpin menginginkan bawahannya menjadi baik dan semakin baik. Pemimpin ini menginginkan agar bawahannya bisa mencapai performa yang lebih tinggi. Pemimpin ini ingin memoles bawahannya agar bisa mencapai karir yang lebih tinggi, bahkan menjadi sales manager dan sales leader seperti dirinya.
  • Kepemimpinan dari Pengajaran
Tingkat kepemimpinan inilah yang paling sulit. Hanya orang-orang tertentu yang mampu mencapai tingkat kepemimpinan ini. Pada tingkatan ini, orang-orang mengikutinya karena pengajarannya yang luar biasa. Orang akan tetap mencari pemimpin ini walaupun sudah  tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Kunci untuk mencapai tipe kepemimpinan ini adalah : mengajar, memberi inspirasi, bertanggung jawab jika anak buah tidak mencapai target, mengumumkan kesuksesan anak buahnya pada orang lain, dan jika perlu berkorban bagi kesuksesan anak buahnya.
     Pemimpin ini selalu memberikan ilmu kepada bawahannya supaya mempunyai kemampuan menjual dan mindset yang tepat untuk menjadi penjual yang sukses, dan yang lebih penting lagi menjadi supervisor, manager, dan pemimpin pada masa yang akan datang.
Menjadi seorang sales leader atau pemimpin secara umum adalah tentang 'melayani', dan sales leader yang hebat 'melayani' timnya.
Pemimpin adalah orang yang peduli terhadap bawahannya dan mau meluangkan waktunya untuk membina semua bawahan yang berada dalam tanggung jawabnya.
Hal ini tidak hanya membutuhkan kemampuan, pengetahuan, waktu dan tenaga, tapi juga memerlukan 'hati'.




sumber : James Gwee T.H, MBA

1 comment:

Silahkan Komentar Disini...