January 15, 2015

Trik Pemasaran dalam meledakkan Omzet bag-1

Promosi dan pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis atau usaha. Produk yang bagus belum tentu laku apabila pemasaran dan promosi yang dilakukan salah!. Kita yakin, banyak sekali burger yang lebih enak dari pada McDonald's tetapi sampai saat ini burger-burger enak tersebut dalam hal segi penjualan belum sampai melebihi penjualan burger milik McDonald's tersebut.
Produk yang bagus bisa saja gagal dipasaran. Kesalahan bisa saja terletak dari segi pemasaran produk itu sendiri, atau bisa jadi karena sipenjual tidak mengetahui segmen mana saja yang cocok untuk ditawarkan.
Untuk itu, mari kita bahas bagaimana langkah-langkah pemasaran dan promosi yang tepat dan luar biasa dalam sebuah usaha.

  • Segmentasi, Targeting, Positioning

Sebelum membuka lahan usaha, kita harus tahu dulu siapa yang akan menjadi calon pembeli produk atau jasa yang akan kita jual. Untuk itu, terlebih dahulu kita melakukan SEGMENTASI. Dalam segmentasi, tugas kita hanyalah mengetahui kelompok-kelompok calon pembeli / pelanggan.
  1. Status ekonomi sosial
  2. Geografis dimana konsumen tinggal
  3. Wilayah pemasaran
  4. Demografis (kelompok umur dan jenis kelamin)
  5. Dan, yang paling penting adalah Gaya Hidup
Dalam melakukan segmentasi, kita jangan hanya berdasarkan Status Ekonomi Sosial saja atau Umur. Terkadang umur yang sama bisa saja memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang berbeda, misalnya remaja. Remaja sendiri terkadang mempunyai gaya hidup yang berbeda-beda seperti ada remaja yang suka dugem dan glamour atau ada remaja yang suka dengan tantangan, dan ada juga remaja rumahan.
     Dalam melakukan segmentasi tersebut, kita perlu menguji:
  • Apakah segmennya cukup besar? dan seberapa besar segmen tersebut.
  • Bagaimana daya belinya? dan seberapa besar daya belinya.
  • Apakah sudah ada pesaing yang menguasainya?
  • Apakah segmen tersebut bisa loyal?
  • Apakah segmen tersebut bisa dijangkau?
Setelah melakukan pengujian seperti yang tersebut diatas, timbul pertanyaan lanjutan yaitu: apakah kita mampu melayani segmen tersebut? dan apakah kita cukup mempunyai sumber daya untuk melayani segmen tersebut?, jika belum kita perlu melakukan TARGETING!.
Targeting adalah: "Proses pemilihan prospek terbaik untuk produk atau jasa (target pasar) usaha dan berkonsentrasi pada upaya untuk memberikan perusahaan / usaha kesempatan terbaik untuk sukses".
Evaluasi segmen pasar untuk penargetan : 
  1. Ukuran segmen dan pertumbuhannya.
  2. Tujuan dan sumber daya.
  3. Struktur
Artinya: jika kita mempunyai sebuah produk atau jasa yang cukup berkualitas dan memiliki sumber daya dalam membuatnya, kenapa kita tidak membidik kalangan atas? dan begitu pula sebaliknya, jika kita hanya mempunyai produk atau jasa dengan kualitas pas-pasan jangan coba-coba menawarkan produk untuk kalangan atas.
     Setelah kita melakukan segmentasi pasar serta menentukan bidikan target pasar usaha, langkah selanjutnya yang masih satu paket dengan ini adalah: POSITIONING!.
Positioning adalah : Tindakan merancang penawaran produk usaha sehingga mendapatkan tempat yang berbeda & dihargai dalam pikiran konsumen. Artinya, kita harus memposisikan produk dalam benak konsumen agar terlihat lebih berbeda, lebih unggul dan lebih unik dari pesaing.
Penempatan tersebut tidak sembarangan. Dalam penempatan ini, produk kita harus diposisikan relatif lebih unggul dari kompetitor. Walaupun produk sama, namun bisa berbeda dari: kemasan, bentuk, rasa, cara pelayanan, keunikan, dll.



/Bersambung..bagian-2

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...