March 2, 2015

Ceragem - Strategi Mencoba Gratis

Teknik promosi mencoba gratis, sejak lama diterapkan Ceragem. Ciri khas sekaligus strategi andalan bagi produsen asal Korea ini. Resmi masuk sebagai distributor tunggal pada tahun 2006 dengan modal tujuh center, lima tahun kemudian jumlahnya sudah mencapai 120 center.
Strategi marketing yang dilakukan oleh Ceragem ini tergolong unik, disamping penyebaran brosur dan buletin, mereka meskipun tanpa iklan yang jor-joran namun mampu membuat nama Ceragam dikenal dimana-mana berkat word of mouth (promosi dari mulut ke mulut) dari orang yang pernah datang ke center Ceragam. Juga, strategi mencoba gratis yang cukup menarik minat bagi masyarakat yang datang dari berbagai macam tingkat perekonomian, mulai dari kalangan pejabat sampai kalangan tukang sayur.
     Namun pertanyaannya, bagaimana perusahaan bisa survive dengan strategi mencoba gratis ini? kuncinya adalah kecermatan dalam hitung-hitungan bisnis. Kalau tidak, revenue akan jeblok. dalam hal ini, Ceragem mempunyai perhitungan sendiri dalam menerapkan sistem marketing mereka untuk mendapatkan profit. target mereka, kira-kira 2-5% dari pengunjung yang kembali akan membeli produk kesehatan Ceragem. dengan rumus ini, Ceragem terus mendorong jumlah pengunjung dari setiap outlet yang mereka punyai. Rumus lain yang mereka punyai untuk membuat mereka survive dan makin dikenal adalah 'Melayani pelanggan dengan Hati'. Hal ini merupakan salah satu faktor kunci. Mulai dari Presiden Director Ceragem sendiri sampai keseluruh staf-staf tingkat bawah, wajib melayani pelanggan dengan tulus. Pelanggan akan dilayani ibarat keluarga sendiri.
     Disamping strategi mencoba gratis, kegiatan social marketing Ceragem lainnya adalah secara aktif melayani berbagai panti jompo setiap bulannya, memberikan beasiswa kepada sejumlah murid berbakat untuk belajar bahasa Korea di salah satu universitas terkenal di negeri ginseng tersebut. 
Saat ini mereka menargetkan untuk membuka lebih kurang 1000 center ceragem dengan menjalankan strategi promosi ATL (above the line) sebagai strategi baru mereka.




---

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...