March 2, 2015

Social Network - Belanja Masa Depan

Promosi dari mulut ke mulut sudah sejak lama dilakukan. Promosi tersebut adalah bentuk promosi yang paling mendasar, tetapi sampai saat ini adalah promosi yang paling dipercaya dan efektif di branding dengan bentuk promosi lainnya.
Dengan munculnya platform dan era digital, maka hal ini mengubah cara kerja promosi dari mulut ke mulut. 
Banyak media digital kini mampu membuat suara konsumen terdengar lebih vokal. Kini konsumen tidak hanya bisa memberitahu empat atau lima temannya mengenai betapa enaknya makanan yang dijual ditoko sebelah, suara mereka bahkan bisa didengar oleh ratusan teman dengan hanya lewat satu kali posting saja. Hal ini semakin banyak pula program tools engine belanja yang digunakan untuk menyebarkan rekomendasi dan transaksi. munculnya situs-situs e-commerce / toko online semakin menambah power terhadap pembelanjaan pada era digital ini.
     Beberapa tahun yang lalu, perusahaan mencantumkan customer rating dan ulasan (testimonials) sebagai komponen wajib dalam e-commerce mereka. Fitur-fitur ini memungkinkan perusahaan  bisa mengumpulkan kekuatan melalui promosi dari mulut ke mulut / word of mouth yang dilancarkan pelanggan mereka. tetapi ulasan ini hanyalah tahap awalnya. Sejak Facebook meluncurkan tombol "like" nya, yang kemudian menyatukan situs-situs e-commerce dengan bentuk promosi paling populer yaitu dari mulut ke mulut ini maka terciptalah fenomena social marketing.
     Perusahaan tidak lagi meminta pelanggan untuk menggunakan sistem rating, tetapi kini mereka dapat menyederhanakannya lewat Facebook dengan hanya meminta mereka dengan meng-klik tombol "like" pada setiap produk yang disukai. Produk tersebut secara otomatis akan terdaftar atau tercantum dalam fitur interest di profil Facebook Anda. Selanjutnya juga akan di publish di news feed Anda. Setiap posting yang di "like" akan bisa terlihat oleh ratusan atau bahkan ribuan orang teman jika Anda sedang menyukai sebuah produk tertentu. Hal ini akan bisa meningkatkan awareness produk itu sendiri.
Integrasi "like" di social media akan bisa dicari dengan fitur search engine. Contohnya Bing, yang dengan canggih menyatukan fitur search-nya dengan Facebook. Bing akan menampilkan data dari Facebook termasuk dengan halaman-halaman dari semua merek yang sudah di klik atau di "like" oleh teman-teman Anda menjadi bagian dari fitur search tersebut.




---


dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...