December 30, 2015

3 Potensi Yang Akan Berkembang di Mobile Marketing


Meningkatnya penggunaan smartphone di dunia menyebabkan mobile marketing menjadi salah satu trik pemasaran yang dipertimbangkan. Indonesia merupakan salah satu negara  dengan jumlah pengguna mobile device yang cukup besar, Hal ini berakibat semakin seringnya akses pada konten mobile yang berakibat meningkatnya potensi lebih luas untuk berinovasi dalam mobile marketing tersebut.
Baru-baru ini Mobile Marketing Association Warc melakukan survey terhadap 287 responden di 17 negara di kawasan Asia-Pasifik mendapatkan temuan bahwa Indonesia menempati urutan ke 3 sebagai negara pengguna mobile marketing (21%) dibawah Singapore yang menduduki tempat pertama (24%) dan India urutan ke dua (22%). Survey yang melibatkan para brand advertiser, creative agency, dan specialist mobile agency menyatakan bahwa begitu pentingnya mobile marketing bagi industri pemasaran.


Mobile marketing yang dinilai penting dan diprediksi akan berkembang sampai 5 tahun ke depan dapat dinilai potensinya dari tiga sisi, yaitu :

  • Biaya
Dari sisi biaya terdapat hasil survey yang cukup menarik bahwa tidak ada yang meyakini biaya mobile marketing akan mengalami penurunan pada tahun ini, walaupun survey menyatakan kurang dari 10% dari biaya pemasaran perusahaan selama 3 tahun terakhir.
Walaupun alokasi yang tidak terlalu besar tersebut, sebagian responden meyakini bahwa alokasi dana untuk mobile marketing akan terus bertambah.
  • Strategi
Mobile marketing terbagi dalam beberapa channel: display, social marketing, content, search, app development, coupons/discounts, SMS marketing serta loyalty schemes. Dari beberapa channel tersebut, hasil survey Warc menyatakan bahwa sebagian besar responden lebih memilih display (70%), social marketing (49%) dan content (33%) untuk strategi kegiatan pemasaran mereka.
Dengan segala keunggulan dan prediksi akan kemungkinan mobile marketing akan terus tumbuh pada 5 tahun kedepan terdapat hambatan dalam pertumbuhannya yaitu keahlian dalam industri mobile itu sendiri (40% responden)
  • Inovasi
Dengan posisi ke 3 sebagai pengguna mobile marketing tersebut, Indonesia memiliki peluang besar untuk meningkatkan inovasi penggunaannya. Pada tahun 2015, kategori yang paling memiliki inovasi dalam mobile marketing adalah travel, transport, dan tourism (37%), lalu diikuti oleh food and beverage (36%) serta leisure and entertaiment (33%). Ketiga kategori tersebut selalu masuk dalam 3 besar.
Location-based marketing merupakan teknologi mobile yang paling dirasa penting oleh responden, begitu juga halnya mobile wallet yang diyakini akan meningkat sampai 5 tahun kedepan. tetapi sebaliknya mobile gaming dan QR Code di prediksi akan mengalami penurunan penggunaan.

Penggunaan mobile yang cukup besar di Indonesia serta potensi yang ada didalam dapat menjadikan mobile marketing dipertimbangkan lebih lanjut oleh para marketers di Indonesia agar mampu menjaring konsumen lebih luas agar kegiatan pemasaran bisa lebih optimal.






sumber : Majalah Marketing edisi 12 tahun 2015 | Marketing Insight

1 comment:

  1. This is excellent information. It is amazing and wonderful to visit your site.Thanks for sharing this information,this is useful to me...
    Mobile Marketing Service
    Mobile Marketing Companies

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Disini...