December 28, 2015

3 Strategi Targeting


Target market yang tepat saja belumlah cukup untuk keberhasilan pemasaran. Jika strategi menyasarnya tidak diperhitungkan, maka sumber daya yang dikeluarkan pun menjadi tidak tepat sasaran. Apa saja strategi targeting yang bisa di implementasikan untuk menyasar segmen pasar?

  • Strategi Undifferentiated
Strategi ini digunakan ketika perusahaan memutuskan untuk mengkomunikasikan segala benefit dari produknya dengan menyampaikan pesan promosi yang sama terhadap semua orang. Agar strategi ini bisa berhasil, produk yang diusung perusahaan haruslah dalam kondisi siap, langsung tersedia, dan harganya terjangkau.
Satu lagi, produk tersebut haruslah memberikan benefit yang sama terhadap semua orang. Strategi ini bisa jadi akan berhasil jika pesaing perusahaan tersebut masih sedikit, karena belum terlalu perlu untuk meng-customize strategi untuk menyasar keinginan atau kebutuhan segmen pasar tertentu yang lebih spesifik.
  • Strategi Concentrated
Strategi ini dilakukan dengan memfokuskan diri untuk memilih segmen, target, atau pasar yang niche atau spesifik. Semua effort pemasaran akan dicurahkan ke dalam satu segmen tersebut. Dalam hal ini, perusahaan akan fokus pada satu atau dua segmen yang spesifik, dimana perusahaan harus memahami betul apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar seintim mungkin.
Perusahaan kecil bisa jadi lebih unggul dalam menerapkan strategi ini, dengan memfokuskan diri pada segmen pasar yang sangat spesifik untuk mendapatkan daya saing melawan perusahaan atau pesaing yang lebih besar.
  • Strategi Differentiated
Strategi ini dilakukan ketika suatu perusahaan ingin memberikan penawaran yang berbeda-beda kepada setiap segmen pasar yang hendak dituju. Strategi ini disebut juga multi-segmen targeting. Disini jelas perusahaan ingin tampil unggul dalam beberapa segmen pasar sekaligus.
Setiap segmen disasar secara khusus dengan metode yang berbeda. Dan perusahaan harus memberikan benefit yang unik dan spesifik untuk setiap segmen yang berbeda. Strategi ini bisa jadi meningkatkan penjualan total secara signifikan, akan tetapi biaya pemasaran juga bisa akan membengkak dalam waktu bersamaan.

Demikian strategi-strategi yang bisa digunakan perusahaan untuk membidik pasar yang dituju, agar perusahaan tersebut mempunyai pijakan atau pondasi yang kuat untuk mengembangkan jangkauan pemasarannya.






sumber : Majalah Marketing | Edisi 12

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...