December 11, 2015

Be Are the best Employee

Menjadi karyawan unggulan dan terbaik dalam perusahaan adalah dambaan bagi setiap insan pekerja. Penghargaan dan rasa 'respek' dari perusahaan merupakan sebuah spirit untuk melakukan hal yang lebih baik. Naik jabatan, naik gaji, dan lain-lainnya. Tetapi rasa 'respek' dan penghargaan tersebut tidak mudah didapat dan itu memerlukan sebuah proses. Kata 'respek perusahaan' disini berarti bersifat bukan penilaian personal (dari owner atau seorang manajer), tetapi mencakup standar manajemen yang diputuskan secara kolektif.

Dibawah ini beberapa Tips untuk menjadi karyawan unggulan yang akan dipertahankan oleh perusahaan.

Jujur & Bekerja Sepenuh Hati
Kejujuran merupakan pokok utama seseorang dalam bertindak dalam bidang apapun. Dan, bekerja sepenuh hati tanpa adanya maksud tertentu agar mendapat pujian. Kenapa? terkadang karena keinginan ingin mendapatkan penghargaan atau respek dari perusahaan, seseorang akan melakukan sifat 'bermuka dua' dan pura-pura.

Bentuk 'Mindset' Bekerja
Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang buruk merupakan hal yang wajib. Sebelum memasuki suatu bidang pekerjaan, perlu menyatukan pikiran dan tindakan bahwa dalam bekerja merupakan sebuah tanggung jawab dalam hidup, dan fokus. Tinggalkan kebiasaan dan sifat yang biasanya dilingkungan rumah sebagai 'orang manja atau 'keras kepala', selalu dilayani dan sebagainya. Pelajari dunia kerja sebelum memasuki dunia kerja. Ingat ! dalam sebuah perusahaan akan bertemu dengan bermacam-macam sifat manusia, berasal dari bermacam-macam etnis serta beragam kepribadian. Jika kita memaksakan sifat kita, maka akan terjadi benturan-benturan sesama pegawai.

Karyawan Yang 'Up to Date' & Aktif
Rajin belajar dan bertanya pada senior serta selalu aktif mengikuti perkembangan terkini juga merupakan tugas pokok yang tidak tertulis bagi seorang pegawai. Perkembangan teknologi dari segi apapun saat ini mengalami perubahan yang sangat cepat menuntut seorang pekerja juga harus mengikutinya agar tidak ketinggalan.

Ubah 'Motto' Bekerja
Di negara-negara Asia yang maju seperti Jepang, Cina, Taiwan dan Korea Selatan rakyat sudah terlatih menjadi pekerja keras. Motto yang mereka terapkan adalah "Time is Work" sehingga pola pikir mereka, dengan bekerja maka uang akan datang, untuk itu pola pikir kita yang terbiasa dengan motto "Time is Money" yang sedikit-sedikit harus ada uang, sebaiknya diubah menjadi motto yang 'worker' tersebut.

Suka Bekerja 'Team'
Setiap perusahaan mempunyai bagian-bagian divisi. Setiap divisi mempunyai anggota-anggota. Selalu bekerja 'team' sangat diharuskan bagi setiap karyawan.

Melakukan Apa Yang Seharusnya Dikerjakan
Seorang pekerja yang baik melakukan suatu pekerjaan tanpa mengharapkan penilaian. Pekerja yang baik tidak akan membuang-buang waktu, selalu memanfaatkan waktu kosong dan tidak menunggu perintah.
I do it I Should be Done ! 



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...