December 21, 2015

Gagalnya Sebuah Ide, Apa Penyebabnya?


Salah satu ciri budaya inovasi dalam perusahaan adalah memotivasi setiap karyawannya untuk melontarkan gagasan yang kreatif atau ide-ide bisnis yang baru. Ini merupakan sebuah proses yang baik untuk membuat perusahaannya bertambah sehat. Tanpa inovasi, perusahaan akan mati, cepat atau lambat.
     Dalam kenyataannya, banyak perusahaan yang melahirkan ide-ide yang baik namun setelah sekian lama hampir tidak pernah terwujud. Apa penyebabnya sehingga perusahaan gagal mengeksekusi dan akhirnya berhenti melahirkan ide-ide?
Ada beberapa hal yang bisa dijadikan penyebab kegagalan membuat ide menjadi strategi dalam perusahaan tersebut:
  • Karena Tidak Mempunyai Kapabilitas
Perusahaan tidak mempersiapkan kemampuan / kompetensi untuk mengeksekusi strategi. Mereka tidak memiliki teknologi dan sistem yang dapat mengubah ide menjadi kesempatan dan atau juga tidak memiliki kualitas manusia yang memadai. Teknologi dalam hal ini disebut juga dengan hard competencies dan kualitas manusia ini disebut juga dengan soft competencies
     Dalam teknologi, bukan berarti sebuah perusahaan harus melakukan investasi tetapi perusahaan tersebut punya pilihan untuk membangun sendiri atau lisensi, tetapi tetap semua ini harus mempunyai kualitas sumber daya manusia yang memadai.
  • Tidak Dapat Memberikan Customer Value 
Hal lain yang dapat penyebab berhentinya ide atau gagal dalam eksekusi ide karena kemampuan ide tersebut untuk memberikan customer value. Ide dalam dunia bisnis bukanlah sekedar ide besar, ide gila atau ide-ide yang brilian, tetapi ide dalam bisnis adalah apakah sebuah ide tersebut dapat diterima atau yang di inginkan oleh konsumen.
      Hal lain dalam penghambat gagasan yang tidak dapat dieksekusi oleh perusahaan adalah karena tidak mempunyai pasar, pelanggan atau customer base. Punya produk yang bagus, tetapi tidak punya pasar untuk melemparkan produksinya. Pelanggan merupakan ekuitas bagi perusahaan dan pelanggan yang loyal merupakan ekosistem yang efektif.
  • Tidak Mempunyai Leader yang berani
Eksekusi dari ide berada di jajaran level top manajemen. Tidak ada ide yang besar bisa di eksekusi dan terwujud menjadi kenyataan jika tidak mempunyai leader yang berani mengambil keputusan dalam mengeksekusi. Hal lainnya, leader ini juga harus mempunyai passion dan komitmen yang sangat tinggi untuk meminimalkan resiko yang besar. Leader ini harus mempunyai daya tahan yang tinggi untuk mewujudkan ide-ide.

Inilah garis besar dari penyebab gagalnya sebuah ide dalam perusahaan. Semoga bermanfaat!






sumber: Majalah Marketing | Handi Irawan D - CEO Frontier Consulting Group

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...