December 5, 2015

Hindari Kesalahan Umum ini dalam membuat Rencana Bisnis

Ketika memulai sebuah bisnis ataupun bisnis yang sudah berjalan, kita terkadang melupakan hal-hal yang sepele dalam perencanaan 'project' ,namun cukup fatal dalam dunia usaha.
Seperti dikutip dari marketing.co.id , berikut ini beberapa kesalahan umum yang terjadi dalam memulai bisnis.

RENCANA BISNIS TIDAK DITULIS. ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan usahawan ketika membuat rencana bisnis.
Benjamin Franklin salah seorang tokoh pemimpin revolusi Amerika yang juga seorang penemu, penerbit dan sekaligus pengarang pernah mengatakan: 'If you fail to plan, you are planning to fail'. Dunia bisnis bukan dunia sejarah yang cukup dalam hapalan, dunia bisnis adalah dunia yang penuh hitung-hitungan, salah perhitungan akan berakibat fatal.
Banyak kegagalan dalam hampir setiap bisnis diakibatkan karena tanpa rencana yang tertulis. Untuk itu, sebaiknya dalam memulai bisnis harus dibuat round down kerja yang terencana.

TUJUAN BISNIS TIDAK JELAS. Pada dasarnya sebuah rencana bisnis adalah solusi untuk masalah, masalah yang akan mengubah visi & misi dari bisnis yang sukses menjadi kenyataan. Tanpa Visi & Misi yang jelas, sebuah usaha/bisnis akan mengalami kebangkrutan.

MODEL BISNIS TIDAK JELAS. Sebuah bisnis yang sukses harus membuat keuntungan. Berencana untuk menjual sesuatu bukanlah model bisnis. Model bisnis adalah sebuah bentuk dan rencana untuk menghasilkan pendapatan lebih diatas pengeluaran Anda.

KURANGNYA PENELITIAN. Melakukan riset atau penelitian terhadap bisnis merupakan hal yang wajib. Mulai dari tingkat persaingan, minat & kebutuhan konsumen, sampai dengan perputaran sebuah produk usaha. Tapi di era digital ini, sebuah riset dapat dilakukan via online untuk memudahkan mendapatkan sebuah informasi.

MENGABAIKAN REALITA PASAR. Anda dapat memiliki produk atau pelayanan terbaik untuk dijual, namun akan menjadi masalah jika tidak ada pembeli. Itulah kenyataan pasar yang tidak bisa ditawar. Dibutuhkan sebuah marketing, pengujian produk atau jasa sebelum menjualnya.
Anda perlu mencari tahu siapa kompetitor dan menjelaskan kiat-kiat untuk bersaing  dan memenangkan pasar. Dalam hal ini mempertimbangkan semua kompetisi dan jangan hanya terpaku terhadap satu kompetitor.
Tetapi bukan berarti harus memasukkan semua daftar kompetitor kedalam rencana bisnis dan mengetahui bagaimana Anda akan memenangkan persaingan tetapi harus juga mengenai bagaimana trik-trik akan berhadapan dengan potensi ancaman dari setiap kompetisi.

TIDAK MEMPERSIAPKAN KEUANGAN SECARA DETIL. Ketika Anda menulis rencana keuangan didalam rencana bisnis, Anda perlu memasukkan laporan Rugi-Laba, proyeksi arus kas serta neraca. Untuk itu, perlu mempersiapkan keuangan yang menyeluruh untuk memulai bisnis serta dana cadangan selama satu tahun pertama bisnis berjalan.
     Ada sekurang-kurangnya 2 kesalahan umum dalam menangani keuangan ini dari sebuah usaha.
  1. Tidak realistis terhadap pengeluaran. Banyak orang meremehkan biaya-biaya tak terduga, dan perlu penelitian dan pengaturan yang ketat terhadap keuangan ini untuk mencegah kesalahan.
  2. Terlalu optimis mengenai prospek bisnis baru. Tentu saja kita berharap sebuah bisnis akan berjalan dengan baik, tetapi tidak harus membiarkan optimisme yang tinggi tersebut membuat proyeksi arus kas menjadi membengkak.
ATUR RENCANA BISNIS SETELAH MENULIS
Sebuah rencana bisnis adalah rencana untuk bagaimana bisnis baru akan berhasil. Memperlakukan sebuah dokumen perencanaan bisnis baru yang bergerak melalui start up dan seterusnya, mengedit dan menambahkan jika diperlukan.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...