December 16, 2015

Kesalahan Yang Sebaiknya Di Hindari Seorang Pebisnis


Impian dari seorang pebisnis adalah bagaimana membangun sebuah bisnis agar berkembang dan menjadi sukses. Namun, ada beberapa hal kecil yang harus dihindari oleh pebisnis agar tidak terjebak dan akhirnya membuat bisnisnya sendiri akan hancur.
Seperti dikutip dari laruno.com , berikut hal-hal yang dihindari tersebut:

  • Tidak memahami usaha dan tidak menguasainya secara mendalam
Mengenali bisnis sendiri dan menguasainya adalah hal yang wajib bagi seorang pebisnis. Selain itu juga harus mampu membaca pangsa pasar yang ingin dituju. Jika ingin membuka sebuah kafe dengan target pasar dilingkungan mahasiswa, jangan membandrol harga segelas kopi Rp. 50.000. Selain itu untuk membaca target ialah, kita mengenali faktor kebiasaan mahasiswa yang senang kumpul-kumpul ditempat yang menyediakan wifi gratis, untuk itu kafe kita sebaiknya dilengkapi dengan jaringan wifi gratisan.

  • Tidak 'up to date' dalam melihat perubahan
Jika kita merasakan 10 tahun yang lalu untuk pergi belanja sebuah baju, kita harus mendatangi toko-toko busana yang memakan waktu cukup lama, namun pada saat sekarang cukup hanya duduk manis di depan laptop atau komputer atau juga gadget kita belanja baju hanya cukup dengan menekan tombol. 10 tahun yang lalu seorang marketing untuk menawarkan sebuah proposal ataupun penggunaan surat-menyurat harus menggunakan Pos atau memakai mesin faksimile, tetapi dengan adanya tool email marketing kita sudah dapat mengirimkan sebuah proposal atau promo ke ratusan alamat dalam 1x tekan tuts. Mampu membaca perubahan pasar dan up to date teknologi menjadi keharusan bagi seorang pebisnis. Jika tidak anda akan ketinggalan. Mengetahui & memanfaatkan kehadiran media sosial sekarang ini juga sangat membantu dalam menyebarkan informasi produk.
  • Tidak mau menerima masukan atau nasehat
Dalam dunia bisnis selalu ada yang lebih berpengalaman dari kita. Jangan pernah menganggap kita lebih unggul dari orang lain, mau menerima masukan dan nasehat adalah salah satu kunci dalam bisnis. Karena belum tentu ide dan gagasan yang kita miliki itu cocok dengan perkembangan dunia bisnis terkini. Diskusi atau kumpul-kumpul dengan sesama teman bisnis akan dapat memberi masukan dan menambah pengetahuan yang lebih baik lagi.
  • Tidak mau belajar dari kesalahan pebisnis lain yang gagal
Penting untuk mengetahui penyebab kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh pebisnis lain atau juga dari kompetitor yang gagal dalam usahanya. Kesalahan dalam bisnis merupakan siklus yang berulang, namun jika hal tersebut menghancurkan bisnis teman anda, kenapa harus melakukan dan menerapkan strategi yang sama dalam bisnis anda. Pelajari bukan harus merasakan kegagalan, tetapi bagaimana kita menghindari sebuah kegagalan.
  • Jangan melemparkan kesalahan sendiri kepada karyawan
Memang benar, seorang bos adalah seorang pemimpin dari bawahan. Yang punya kuasa untuk menyalahkan siapapun bawahannya. Namun, jika kesalahan tersebut berasal dari pemimpin sendiri jangan melemparkannya kepada bawahan atau karyawan. Karyawan merupakan aset berharga, jika hal ini dilakukan maka bersiaplah untuk ditinggalkan. Memang benar lagi, bahwa jika ada karyawan yang resign maka akan ada ribuan pelamar lain yang siap mengganti posisinya, namun mengajarkan lagi situasi bisnis kepada karyawan yang baru mulai dari nol, merupakan sebuah PR yang tidak bagus dalam manajemen.

Itu..

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...