December 7, 2015

Kiat Memasarkan Produk Kepada Konsumen Yang Kritis

Konsumen Cerdas
Perilaku konsumen di era sekarang ini cenderung berubah, mulai kritis dan lebih cerdas dalam memilih sebuah produk. Bukan hanya dari segi merk / brand, kualitas, harga tetapi sekarang ini mulai mempertimbangkan nilai lain dibalik pilihan sebuah produk, yaitu nilai etika lingkungan dan kemanusiaan.
Misalnya: apakah produk tersebut ramah lingkungan, memberikan kebaikan, dan lain-lainnya. Konsumen dengan tipe perilaku seperti ini menuntut pelaku bisnis untuk melakukan strategi pemasaran ke level yang lebih baik.

Seperti dikutip dari marketing.co.id , berdasarkan hasil studi 'Cone Communication' 2013 Echo Global CSR, 91% konsumen di seluruh dunia cenderung akan berpindah dari satu merk ke merk lain yang melekatkan tujuan baik (good cause) terhadap produk mereka. 
Survey lainnya dari Nielsen menunjukkan 46% dari 28.000 responden online dari 56 negara di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka mau membayar lebih untuk produk dan layanan dari perusahaan yang melaksanakan program untuk sosial.

Berdasarkan survey diatas, tugas dari pebisnis dan marketingnya untuk melakukan trik-trik pemasaran yang tepat terhadap konsumen yang memiliki kesadaran semacam ini.

SAMPAIKAN KONDISI PERMASALAHAN. Jangan ragu untuk menjelaskan apa permasalahan yang terjadi dalam industri yang kita geluti dan bagaimana mengatasinya. Titah Septyana, CEO dan salah seorang Founder Agriwira, bisnis dibidang pertanian organik khususnya beras hitam organk premium dengan brand NUTRICE nya tidak menjelaskan kepada konsumennya bahwa produknya di budi dayakan dan diproses secara ramah lingkungan dan dibeli dengan harga yang pantas dari petani.
Dengan penjelasan tersebut diharapkan akan tercipta hubungan emosional dengan konsumen. Karena ada kalanya konsumen tidak selalu membeli karena harga, tetapi juga dari segi kualitas dan nilai kebaikan di balik sebuah brand.

TRANSPARANSI & EDUKASI. Bisnis punya tanggung jawab untuk menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Apalagi di era media sosial sekarang ini menuntut sebuah bisnis lebih transparan. Contohnya bila bisnis Anda bergerak dibidang busana, maka kewajiban bisnis tersebut harus menyampaikan kepada konsumen seperti: sizing, material fabric, komposisi bahannya, boleh di cuci manual atau harus laundry, dan lain-lain. Hal ini akan dapat mengubah pikiran konsumen untuk memutuskan pembelian dengan baik.

LAKUKAN DOKUMENTASI VIDEO. Brand yang sukses selalu mengemban dan melaksanakan misi dalam kegiatannya. Tunjukan lewat video kepada konsumen beberapa kegiatan sehari-hari bisnis yang menunjukan hal tersebut.

PENJUALAN LANGSUNG. Lakukan penjualan langsung kepada konsumen. Untuk dapat bersaing harga di pasaran, bisnis Anda harus melakukan pencarian sumber produk yang lebih menghemat biaya produksi. Misalnya dalam bisnis busana, pelaku usaha bisa melakukan pendekatan ke pabrik langsung untuk memproduksi material bahan.

POSTING ULASAN TANPA FILTER. Keberadaan ulasan konsumen yang otentik dan tanpa filter sangat penting untuk menciptakan user experience, terutama bagi brand yang memiliki konsumen yang menuntut transparansi tinggi. Tak bisa dipungkiri bahwa ulasan yang otentik dari sesama konsumen lebih mereka percayai.






No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...