December 17, 2015

Membangun 'Trust' Pelanggan


Pelanggan adalah aset yang berharga. Tanpa pelanggan sebuah usaha tidak ada apa-apanya. Mencari pembeli itu tidaklah terlalu sulit, punya produk yang diminati pasaran ? tinggal jual akan mendatangkan pembeli. Tapi, mendatangkan pelanggan itu yang merupakan PR tersendiri bagi sebuah usaha. Pembeli dan pelanggan adalah dua hal yang sedikit berbeda. Pelanggan adalah konsumen yang membeli produk kita secara berulang-ulang. Membangun 'kepercayaan' pelanggan merupakan tugas utama dari sebuah usaha, karena jika kita sudah tidak dipercaya oleh pelanggan, bisnis akan bisa hancur. kenapa? dipercaya dan tidak tersebut akan menyebar melalui faktor word of mouth..
     Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk membangun kepercayaan tersebut? Mari kita ulas ringkasannya berdasarkan kutipan dari marketing.co.id :

  • Perhatikan Penampilan
Ini faktor utama dalam marketing, dengan penampilan yang rapi & menarik maka pelanggan atau klien akan memberikan respect. Mendapatkan respek dari klien adalah hal pertama yang diinginkan bagi marketer untuk presentasi produk, jika respek didapat maka presentasi akan lancar, ide-ide akan mengalir dalam penyampaian. tetapi begitupun sebaliknya, jika calon klien atau pelanggan tidak memberikan respek yang positif maka anda pun sudah kehilangan 1 poin.
  • Prestasi Produk
Kualitas produk hal pertama yang diinginkan pelanggan. Deretan catatan prestasi yang positif tentang produk dan perusahaan akan menambah kepercayaan pelanggan. Jadi tingkatkan kualitas produk, pelayanan dan kemampuan perusahaan untuk mengelola tribe agar loyal.
  • Lakukan Kerjasama dengan Merk / Brand Besar.
Melakukan kerjasama dengan perusahaan yang sudah punya nama besar akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan / usaha sendiri. Keuntungan yang didapat adalah perusahaan kitapun akan ikut dipercaya oleh pelanggan serta menambah catatan prestasi perusahaan kita dalam menjalin kerjasama dengan lingkaran yang lebih luas lagi.
  • Tingkatkan Kualitas Tenaga Pemasaran
Sebaiknya sebuah usaha mempunyai tenaga pemasaran yang bertingkat dalam jabatan, seperti junior sales dan senior sales. Pelanggan akan bisa membedakan jabatan dalam Anda dalam melakukan pendekatan. Untuk menarik minat pembeli agar menjadi pelanggan maka harus meningkatkan kualitas tenaga pemasarannya.
  • Komunikasi Yang Baik
Sempatkan waktu luang untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Jadikan pelanggan untuk bisa diskusi dan sharing mengenai produk kita. Jika kita melakukan pendekatan bersahabat seperti ini, percayalah mereka akan loyal karena mereka dihargai bukan hanya sebagai mesin untuk mendatangkan uang saja tetapi lebih dari itu mereka dijadikan bagian dari produk tersebut. 




sumber kutipan : marketing.co.id

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...