December 23, 2015

Membidik Segmentasi Pasar: Youth,Women,Netizen

Anak muda, wanita dan pengguna internet Indonesia (netizen), ketiganya memiliki pengaruh yang kuat di dalam bisnis dan perekonomian Indonesia. Bagi pebisnis yang berhasil merebut hati di ketiga sub-kultur ini dipastikan akan bisa memenangkan persaingan bisnis.
     Perusahaan yang bisa mendapatkan tempat di pikiran anak-anak muda, yang mampu mengadopsi kegalauan dan cita-cita mereka dan mampu memberikan produk apa yang mereka butuhkan, apalagi pada akhirnya bisa menjadi pelanggan potensial nantinya akan berpeluang mendapatkan loyalitas mereka.
Anak muda selalu memiliki gaya tersendiri, terkadang bahkan sulit dimengerti oleh orang tua. Kebiasaan menggunakan produk dan jasa tertentu terkadang tidak bisa diprediksi. Ada tren yang tiba-tiba bisa muncul dan ada juga tren yang tiba-tiba bisa menghilang. Tapi bisa ditarik benang merah dari tren anak muda ini, yaitu biasanya dimulai dari anak muda influencer yang berani memulai suatu hal dan akan di tiru oleh anak muda lainnya.
     Wanita, kenapa perusahaan harus membidik market ini?. Wanita memiliki peranan penting dalam keputusan pembelanjaan dalam keluarga. Tanpa mengecilkan arti peranan kaum laki-laki, perempuan menentukan kebutuhan konsumsi belanja sehari-hari, tabungan hingga pembelian rumah dan mobil. Peranan wanita yang multi dalam kehidupan, sanggup mengerjakan beberapa hal sekaligus membuat mereka menjadi unik dan terkadang sulit dimengerti. Faktor usia menjadikan karakter perempuan juga berbeda. Jika perusahaan mampu memberikan dan mendapatkan tempat di hati kaum perempuan, maka akan bisa memenangkan pasar yang Anda tekuni.
     Netizan, Netizen didefinisikan sebagai orang yang terhubung dengan internet dan beraktivitas online  minimal 3 jam per hari untuk mengamati dan berkomentar terhadap produk, situasi politik dan lain-lain. Di era konektivitas ini, netizen memegang peranan penting sebagai sub-culture yang paling connect dengan tren terbaru. Aktivitas yang mereka lakukan bisa beragam, mulai dari ngobrol, mengomentari suatu produk dalam ranah positif dan negatif. Meski kehidupan online merupakan bagian dari hidup mereka, bukan berarti mereka akan mudah percaya dengan segala tawaran yang ada. Jika mampu mengenal karakter para netizen ini maka bisa dipastikan produk atau bisnis Anda akan populer.
Banyak perusahaan-perusahaan yang terjebak dengan konsumen hanya itu-itu saja, mereka tidak mau berevolusi untuk menjaga eksistensi keberadaan bisnis, padahal zaman sudah berubah.








sumber : Majalah Marketeers | November 2015

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...