December 11, 2015

Menjadi Start-Up Bisnis Yang Sukses

Impian semua calon pebisnis berharap agar bisnis yang akan dijalani atau yang telah dibangun dapat berkembang sampai mencapai kesuksesan.
Namun hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan untuk dapat membangun bisnis tersebut akan dapat bertahan lama.
Bagi calon-calon pebisnis atau yang baru memulai bisnis, disamping Fokus & Ketekunan sebagai kunci, berikut ini tips-tips lainnya agar bisnis kita dapat bertahan dan berkembang. Seperti yang di kutip dari marketing.co.id , berikut ulasannya:

1. Mencintai Apa Yang dikerjakan.
Mencintai pekerjaan atau apa yang dilakukan merupakan kunci dalam bertindak. Karena dengan mencintai, kita akan dapat fokus serta akan mencurahkan semua pikiran dan tenaga untuk menjalaninya. Terutama dari segi membangun bisnis ini agar dapat berkembang.

2. Menulis Rencana Bisnis.
Selalu dalam dunia bisnis terutama bagi para marketer, di berbagai kesempatan para profesional mengatakan tulis..tulis dan tulis sebuah rencana. Begitu juga hal ini dalam membangun kerajaan bisnis.
Agar ide-ide bisnis mudah diingat, rangkum semua rencana atau ide bisnis tersebut kedalam bentuk sebuah catatan. Hal ini berguna untuk membantu menghemat pikiran dan tenaga ketika memulai yang belum tentu semuanya berhasil. Tidak semua rencana atau ide bisnis harus tertulis, tetapi hal-hal yang potensial dari bisnis mana yang sedang berkembang dan dapat bertahan lama.

3. Observasi / Penelitian
Lakukan observasi terhadap ide bisnis yang telah dirangkum dan disusun tersebut. Hal ini untuk mengetahui tingkat kesulitan, ancaman serta potensi dan peluang bisnis tersebut, mana yang dapat bertahan lama atau mana yang hanya sekedar musiman saja. Pintar memilah !

4. Memulai Bisnis Ketika Masih Bekerja
Kenapa sebaiknya pada saat masih bekerja?, sebuah bisnis memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang, dan selama proses tersebut agar keuangan tidak terganggu untuk menutupi beban biaya sehari-hari. Pada waktu masih bekerja, beban tersebut akan dapat ditutupi oleh pendapatan bekerja. Tetapi, hal ini membutuhkan sebuah profesionalitas dalam bekerja agar tidak mengganggu kinerja kita sendiri. Harus pintar membagi waktu antara bisnis dan pekerjaan. Semua ini ada waktu tambahan dan ketekunan. Harus ada yang dikorbankan dalam hal ini.

5. Bentuk Sistem Yang Profesional
Untuk menunjang bisnis agar dapat bertahan, diperlukan sebuah sistem yang jelas dan terarah. Sebuah bisnis harus mempunyai Visi dan Misi, sistem administrasi yang jelas serta identitas usaha seperti: Kartu nama, Alamat, Nomor telpon, Email bisnis dan Website / situs usaha. Mintalah bimbingan mentor yang profesional dibidang untuk konsultasi membentuk sistem ini. Perlu diingat, profesional sebuah usaha bisa dilihat dari sistemnya, apakah sistemnya bagus atau buruk akan mempengaruhi image dari bisnis itu sendiri.

6. Mengetahui Hukum & Pajak
Seorang pebisnis harus mengetahui minimal sedikit mengenai hukum-hukum dan perpajakan. Hal ini untuk mencegah permasalahan yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Karena seiring meningkat dan majunya bisnis kita akan mempengaruhi pendapatan dan kewajiban pajak. Dengan mengetahui hukum dan perpajakan, maka bisnis kita akan dapat berjalan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.


No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...