December 8, 2015

Strategi Marketing Secara Jitu & Sederhana

Taktik dan strategi dunia marketing sudah banyak dibahas oleh pakar-pakar marketer, secara online maupun offline. Namun dari sekian banyak trik-trik marketing tersebut tidak semua orang dapat mengambil manfaat dan keuntungan dari tips-tips yang menjadi pedoman dalam teori pemasaran itu.
Kita coba membahas cara sederhana dalam menerapkan langkah marketing tetapi merupakan kunci dari sekian banyaknya strategi marketing.

1. Mempunyai 'Marketing Plan'.
Langkah awal dalam pengembangan pemasaran, kita harus mempunyai sebuah strategi dan langkah-langkah yang terangkum dalam sebuah dokumen tertulis untuk dijadikan pedoman dan rules dalam eksekusi rencana. Dan, pastikan semua anggota tim yang terlibat bisa menyerap dan mengerti arahan perusahaan.

2. Mengenali Pelanggan.
Mengenal pelanggan dengan baik merupakan langkah terpenting dalam proses pemasaran. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan secara teratur, karena semakin akurat informasi yang didapat dari pelanggan maka akan semakin efektif untuk sampai ke penjualan.

3. Service dan Rancang Produk.
Rancang dan presentasikan produk terhadap pelanggan sesuai dengan keinginan mereka. Kita harus memastikan service atau produk yang kita miliki sudah memenuhi kriteria yang diinginkan pelanggan. Mulai dari packaging untuk promosi.

4. Rancangan Iklan Bertarget dan Komunikasi Pelanggan.
Menempatkan beberapa iklan itu tidak cukup untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan karena perlu diketahui bahwa rata-rata orang mendapatkan promosi dari berbagai produk dalam satu hari bisa mencapai 5-10 kali, baik melalui sms, Blackberry, whatsApp dan jejaring sosial lainnya. Untuk itu, diperlukan sebuah kemasan promosi yang unik untuk dapat menarik perhatian pelanggan.

5. Menjaga Kebersihan & Kerapihan Tempat Usaha.
Poin yang satu ini merupakan hal yang sepele namun dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penilaian pelanggan. Filosofi mengatakan bahwa Kantor atau tempat usaha yang rapi mencerminkan seberapa hebat perusahaan tersebut. Tatanan kantor yang rapi akan memberikan penilaian yang positif dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

6. Menanggapi Komplain Pelanggan dengan Baik.
Terkadang dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan tidak selalu berjalan mulus atau tanpa masalah, tetapi hal yang terpenting adalah menanggapi komplain atau permasalahan dari pelanggan yang responsif dan baik sangat utama. Jangan biarkan atau menganggap sepele permasalahan pelanggan. Apalagi di era digital dan sosial media sekarang ini yang hanya dalam hitungan jam atau hari akan bisa membuat sebuah brand atau nama baik usaha akan jatuh dan tercemar.

7. Mempunyai Strategi Harga.
Harga yang tinggi itu berarti akan mengurangi jumlah penjualan, tetapi bukan berarti harus dengan harga murah. Artinya, jika memang sebuah produk diharuskan untuk dijual tinggi, pertimbangkan untuk memberikan nilai lebih terhadap produk tersebut. Bisa dengan memberikan bonus, gift dan lain-lain. Harga jual jangan hanya terpaku oleh perhitungan Harga pokok + Margin. Putuskan apa yang ingin di dapat dengan meningkatkan harga.

8. Pelayanan & Efisiensi.
Proses menjalankan bisnis sama pentingnya dengan produk itu sendiri.Pastikan proses pengiriman yang cepat, perlakukan pelanggan dengan sopan, berikan senyuman. kejutan dan kenyamanan akan membuat pelanggan senang. Faktor word of mouth juga merupakan alat yang kuat dalam penjualan. Gunakan pendekatan emosional dan rasional argumen untuk mendemontrasikan penjualan.

9. Investasi dengan Karyawan Sendiri.
Staf dan Karyawan merupakan sebuah aset. Berikan mereka motivasi dan training agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik, berikan peralatan yang dibutuhkan. Pastikan mereka mengerti dengan pekerjaannya, berikan penghargaan. jika mereka bisa bekerja bersama sebagai tim yang handal maka dipastikan penjualanpun akan meningkat.








sumber: marketing.co.id

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...