January 12, 2016

Nasehat dan Motivasi dari Salah Satu Orang Terkaya di Dunia


Di lahirkan di Omaha, Nebraska Amerika Serikat pada tanggal 30 Agustus 1930. Warren Edward Buffet atau lebih di kenal Warren Buffet, adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat yang mendapat julukan Oracle of Omaha.
Pada tahun 2005, dengan perkiraan pendapatan bersih 44 Milyar Dollar US, Warren Buffet berhasil menjadi orang terkaya kedua berkat kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya dengan memegang 38% saham di bawah Bill Gates yang pada saat itu menduduki peringkat pertama versi majalah Forbes. Dan pada tahun 2010 yang lalu, sang bijak ini berhasil menggeser posisi Bill Gates sebagai manusia terkaya dimuka bumi ini.
Bakat bisnis Warren Buffet sudah dimulai pada usia masih kecil. Di usia 11 tahun, dia sudah membeli saham pertamanya, berlanjut pada usia 14 tahun membeli sebuah kebun yang cukup luas hasil dari mengumpulkan uang yang di dapat sebagai loper koran pada waktu itu.
Tetapi, ada satu hal yang unik dalam kehidupannya. Walaupun mempunyai kekayaan yang melimpah serta mempunyai segalanya yang dia mau, Warren Buffet ini tidak pernah tergiur untuk terlibat dengan kehidupan mewah. Tampilan hidupnya sederhana dan apa adanya. Dia menyetir mobil sendiri tanpa kawalan dan sopir, tidak pernah memakai jet pribadi walaupun orang tahu ia mempunyai perusahaan pembuat jet terbesar di dunia, Berkshire Hathaway yang memiliki 63 anak perusahaan. Dalam bekerja, dia tidak pernah membawa handphone serta di ruang kerjanya pun tidak ada komputer.
Dalam rapat tahunan perusahaannya, Ia cukup hanya menulis surat pesan kepada CEO apa yang harus dicapai dan menjadi target perusahaan, serta berpesan yang mana pesannya ini menjadi sebuah peraturan:
"Peraturan pertama, jangan pernah sekalipun menghabiskan uang para pemilik saham. Dan pertauran nomor dua, jangan melupakan peraturan nomor satu".
Kehidupannya yang unik ini pun mendapat perhatian dari seorang Bill Gates yang pernah menyisihkan waktu untuk berbincang dengan Warren Buffet. Perbincangan kedua tokoh ini pada awalnya dijadwalkan sekitar 30 menit saja karena kesibukan masing-masing, tapi tahukah Anda bahwa pertemuan ini akhirnya memakan waktu sekitar 10 jam!. Bill Gates mengakui bahwa dalam pertemuan tersebut Ia mendapatkan banyak pelajaran dari seorang Warren Buffet.
Berikut ini quotes dari Warren Buffet bagi generasi muda untuk di ambil sebagai pelajaran berbisnis dan hidup.
"Tugaskan pekerjaan kepada orang yang tepat, serta buat tujuan yang jelas dan yakinkan mereka untuk fokus terhadap tujuan tersebut".
"Jangan pamer, serta jadilah diri sendiri dan nikmati apa yang kamu lakukan".
"With Money, You can buy a house, but not home. You can buy a clock, but not time. You can buy a bed, but not sleep. You can buy a book, but not knowledge. You can get position, but not respect. and You can buy blood, but not life!".
"Jangan melakukan semua apa yang dikatakan orang, dengarkan saja lalu kerjakan apa yang baik saja".
"Jangan memakai merk, tapi pakailah yang benar dan yang nyaman untukmu".
"Hiduplah secara sederhana sebagaimana dirimu sendiri dan jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting".
"Jauhkan dirimu dari pinjaman bank, hutang, cicilan atau kartu kredit, tetapi berinvestasilah dengan apa yang kamu miliki".
"Jangan membeli apa yang tidak dibutuhkan dan doronglah anak-anak Anda untuk berbuat hal yang sama".
"Orang yang bahagia bukanlah orang yang hebat dalam segalanya, tapi orang yang bisa menemukan hal yang sederhana dalam hidupnya".

Dan banyak lagi motivasi-motivasi dari sang bijak ini...

Baca juga : Bob Sadino : Sang Motivator Bisnis




dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...