6 Januari 2016

Pemasaran Paling Efektif Masa Kini


Tren digital dan penggunaan perangkat bergerak (mobile device) telah mengubah cara pendekatan tenaga pemasaran dalam mempresentasikan produk dan jasa secara lebih personal sesuai kebutuhan dan kebiasaan para penggunanya.
Semakin seringnya konsumen mengakses konten ataupun pesan di mobile device, tentunya akan lebih meningkatkan probabilitas keberhasilan sebuah program marketing. Banyak perusahaan di Indonesia yang telah membuktikan keampuhan mobile marketing untuk membangun merek, yang bahkan dapat mendongkrak penjualan. contoh misalnya Gojek, Uber, Telkomsel, Unilever, McDonald dan lainnya.


Menurut Head of Media Unilever Indonesia & South East Asia - Adeline Ausy Setiawan, mobile adalah salah satu segmen yang berperan penting dalam dunia pemasaran di tengah meningkatnya penetrasi digital di Indonesia yang telah mencapai 40% atau sekitar 100juta orang hingga akhir tahun 2015 ini, dan dari angka tersebut, sekitar 70% di antaranya merupakan mobile driven.
Unilever mulai memasuki media digital pada tahun 2010 dan mulai aktif di mobile pada tahun 2013. Platform yang digunakan Unilever adalah: text/SMS marketing, MMS, location based service, voice recorded message, mobile aplication. 
Sedangkan menurut Michael Hartono - Marketing and Communication Director McDonald pada Majalah Marketing, menilai pengguna internet dan mobile device di Indonesia sudah semakin nyaman dengan mengonsumsi konten mobile. Hal ini merupakan peluang baru bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan ekosistem digital dan mobile untuk memasarkan produknya ke seluruh negeri.
McDonald mengembangkan mobile marketing dalam dua tahun terakhir ini. Platform yang digunakan: mobile banner ads dan mobile web.
     Setiap platform memiliki keunikan masing-masing. Jadi, bukan platform mana yang paling efektif tetapi bagaimana menciptakan kampanye pemasaran dengan menggunakan platform yang paling relevan untuk menyampaikan konten yang dimiliki merek dan target market yang di tuju.
Strategi mobile marketing cukup efektif dalam menekan biaya operasional perusahaan. Selain itu, penerapan mobile marketing memberikan kebebasan bagi pemasar dalam berkreasi menyusun strategi pemasarannya melalui banyak platform.






sumber : majalah marketing | edisi 12 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Disini...