November 29, 2016

Helmut Werner Membangun Brand Mercedes-Benz

Penampilan dan gayanya tidak mencerminkan seorang pemimpin bisnis kawakan, seperti halnya Edzard Reuter. Kewiraswastaannya pun tidak secemerlang Werner Niefer. Dan juga Ia tidak mempunyai konsep strategis yang cerdik seperti yang dimiliki Eberhard von Kuenhem atau Carl Horst Hahn. Tapi, sejak memulai kariernya di Uniroyal, ia terus menanjak sampai memegang jabatan direktur pelaksana untuk wilayah Eropa. Kemudian ia menjadi anggota direksi termuda produsen ban Contri dan beberapa tahun kemudian ia menduduki jabatan direktur utama perusahaan tersebut. Setelah itu, pada musim gugur 1987 ia diangkat untuk mengepalai dewan pengawas Daimler Benz AG di bidang kerndaraan serba guna, sekaligus menjadi calon kuat pengganti direktur utama perusahaan, Werner Niefer.
Di kalangan rekan-rekannya, Helmut Werner dikenal sebagai seorang yang sangat dalam mengelola keuangan. Ia melakukan kontrol yang ketat dan terus menerus memantau arus berbagai pengeluaran perusahaan. Dikalangan direksi, ia mempunyai tingkat kebebasan yang tinggi mengingat prestasinya dalam meningkatkan penjualan kendaraan Mercedes, yang sebelumnya penjualan Mercedes ini sempat mengalami penurunan yang tajam. Tapi berkat tangan dingin Helmut Werner ini, melonjak tinggi.
Pada awalnya, Helmut Werner yang pernah belajar ekonomi perusahaan di Koeln, ia ingin menjadi peneliti bidang ekonomi, tetapi cita-cita tersebut ia batalkan setelah ia diterima sebagai trainee pada perusahaan ban mobil Englebert & Co di Aachen, anak perusahaan Amerika Uniroyal pada tahun 1961. Pada tahun 1977, perusahaan itu menyerahkan tanggung jawab untuk semua kelompok produksi kepada Helmut Werner. Tahun berikutnya, ia diangkat menjadi managing director untuk Eropa yang khusus menangani masalah pemasaran dan pengembangan. Pada tahun 1983, perusahaan itu terus berkembang dan pada tahun 1987 berhasil mengakuisisi General Tire dan berhasil terjun langsung dalam bisnis di Amerika Serikat.


dari berbagai sumber



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...