November 22, 2016

Ini Sebabnya Kenapa Produk Sepi Peminat

Sering terjadi sebuah produk yang dipasarkan tidak mendapat respon atau sepi peminat, padahal produk yang dipasarkan ini cukup bagus serta mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.
Perlu diingat, bahwa konsumen sekarang ini tidak hanya melihat dari sisi harga dalam membeli sebuah produk, tetapi juga melihat dari sisi manfaat yang didapat jika mereka memutuskan untuk membeli. Atas dasar ini pula yang menjadi tolak ukur apakah sebuah produk dapat diterima atau tidak di pasaran.
Hal apa saja yang bisa mempengaruhi sebuah produk bisa sepi pembeli?

#1. Sulitnya akses untuk mendapatkan produk tersebut.
Era digital dewasa ini, hampir semua orang untuk melakukan kegiatan mencari informasi, produk dan lain-lain menggunakan media sosial. Semua konsumen pasti menginginkan kemudahan untuk mendapat akses produk. Jika kegiatan marketing yang dilakukan untuk mempromosikan produk tidak optimal menggunakan media sosial, tidak dapat memberikan kemudahan terhadap konsumen dalam mendapatkan informasi dan produk, sebaiknya segera dilakukan evaluasi kembali.

#2. Produk belum diketahui konsumen.
Kembali hal ini menyangkut strategi marketing yang dijalankan. Optimalkan kekuatan media sosial serta gencar melakukan kampanye promosi yang tepat sasaran. Jangan segan melakukan riset-riset mengenai perkembangan pasar dengan menggali segala informasinya, karena tingkat perkembangan kompetisi dipasaran saat ini setiap saat berubah. Kampanye produk tidak boleh statis, harus disesuaikan dengan perkembangan pasar.

#3. Tidak adanya value yang didapat konsumen
Konsumen yang cerdas tidak akan terpengaruh dengan harga yang murah, tetapi mereka juga melihat nilai tambah yang mereka dapatkan jika membeli sebuah produk. Contohnya dalam pembelian sebuah busana, konsumen akan melihat dari sisi kenyamanan pemakaian, daya tahan material yang digunakan, serta kerapihan jahitan yang akan bisa memberikan rasa percaya diri bagi konsumen untuk dipakai.

Lakukan strategi pemasaran dengan menitikberatkan pada keunggulan dan manfaat sebuah produk, hal ini akan mengedukasi konsumen untuk lebih mengetahui produk kita.


Baca juga : Tips Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...