November 11, 2016

Kiat Presentasi Produk Terhadap Pelanggan


Sebuah produk yang ingin diluncurkan ke pasaran atau ingin mendapatkan pelanggan baru, biasanya tim marketing dari perusahaan akan terlebih dahulu mempresentasikannya terhadap konsumen atau calon investor. Sebab apa? produk yang baru diluncurkan tersebut akan lebih cepat dan mudah dikenali dipasaran nantinya. Namun, tidak mudah untuk menjelaskan sebuah produk terhadap konsumen yang tepat sasaran atau sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Ada beberapa kiat-kiat sederhana tapi cukup akurat untuk dikuasai oleh para marketer dalam menjelaskan produk terhadap konsumen. Apa saja?

     1.Menguasai Produk & Memahaminya
Ini hal yang mendasar sebenarnya yang harus diketahui oleh para marketer. Menguasai dan memahami produk yang akan ditawarkan terhadap konsumen atau investornya. Pengetahuan (Product Knowledge) yang mendalam terhadap produk sebenarnya akan membantu marketer sendiri untuk mengembangkan kalimat-kalimat yang akan diucapkan nantinya. Sebab, sebagian besar prilaku konsumen dalam mendengarkan penjelasan / presentasi adalah melihat gesture tubuh dan kalimat-kalimat yang disampaikan marketer. Pembawaan dan pengembangan kalimat yang kaku nantinya biasanya akan membuat konsumen menjadi tidak tertarik sekalipun sebenarnya produk tersebut bagus. Jadi, penguasaan terhadap produk mulai dari kelebihan produk, value yang didapat konsumen nantinya, kekurangan produk itu sendiri, serta hal yang membedakan produk kita dengan kompetitor harus dijelaskan secara gamblang oleh tim marketing.

     2. Pintar Memposisikan Diri
Kepercayaan diri dalam penyampaian penjelasan produk memang sangat diperlukan dalam sebuah presentasi. Tapi terlalu percaya diri serta berlebihan ini juga merupakan sebuah kesalahan besar. Jadi sebaiknya pelajari juga siapa calon konsumen kita.
Ingat, memang dalam menjual berarti mencari keuntungan, tapi dalam presentasi kita cukup hanya fokus pada penjelasan produk. Untuk itu, harus pintar dalam memposisikan diri. Dalam presentasi kita jangan memposisikan diri kita seperti dosen yang sedang memberikan ceramah mata kuliah. Terlalu banyak bicara akan membuat konsumen menjadi tertekan.

     3. Adanya Sesi Tanya-Jawab
Berbicara serta menjelaskan keunggulan sebuah produk adalah inti dari sebuah presentasi produk, Tetapi jika konsumen tidak tahu kapan waktunya mereka untuk berbicara atau bertanya, ini akan menyebabkan presentasi kita berpotensi gagal. Karena, konsumen pun setelah kita memberikan penjelasan pasti mempunyai sebuah pertanyaan terhadap produk, baik itu dari segi kualitas, value buat mereka maupun sebuah perbandingan dengan produk yang sama atau sejenis dengan milik kompetitor. Memberikan kesempatan pada konsumen untuk bertanya akan membuat mereka merasa dihargai.

Demikian...





No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...