November 22, 2016

Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen adalah hal yang paling penting dalam menjual produk. Tanpa adanya kepercayaan, sebuah produk akan mengalami penurunan daya saing yang akan berujung hilang dari peredaran. Mencari pelanggan baru memang merupakan sebuah tugas penting tetapi menjaga kepercayaan dari konsumen itu faktor utama yang sulit. Jika seorang konsumen sudah percaya atas sebuah produk atau merk, mereka akan semakin loyal.
Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen:

#1. Menjaga Kualitas Produk
Di beberapa kasus yang sering terjadi, pada waktu awal launching produk kepasaran, produk tersebut berkualitas bagus, namun setelah banyak dikenal produk tersebut sering lengah dalam hal quality control nya, sehingga menyebabkan kerugian karena ditinggal pembeli.

#2. Meningkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen
Semakin dikenal sebuah produk akan semakin banyak pula mendapatkan konsumen yang 'cerewet' dan kritis. Meningkatkan pelayanan yang baik serta bersahabat akan membuat konsumen merasa nyaman serta merasa dihargai. Pelayanan konsumen ini salah satu kunci dalam persaingan produk antar kompetitor. Walaupun produk sejenis namun pelayanan yang berbeda akan mempengaruhi konsumen dalam memilih tempat berbelanja.

#3. Gambaran Yang Jelas Dari Sebuah Produk
Seing is Believing.
Sebagian konsumen, mereka akan mempercayai sebuah produk setelah melihat bentuk asli dari produk tersebut. Berikan contoh yang jelas berupa sampel atau katalog atau foto yang real jika mendapatkan konsumen jarak jauh. Spesifikasi dan material atau bahan yang digunakan sangat penting bagi seorang konsumen dalam membeli produk.

#4. Gencar Melakukan Promosi
Promosi produk atau brand merupakan salah satu kegiatan dimana Anda tidak hanya mengenalkan produk tetapi juga memberikan pendidikan terhadap konsumen tentang produk tersebut. Gencar berpromosi juga berarti gencar mengedukasi pasar, sehingga konsumen akan mengingat informasi kelebihan produk yang ditawarkan.

#5. Menjalin Komunikasi Yang Intens Dengan Konsumen
Untuk mendapatkan brand awareness atau kemampuan pelanggan dalam mengingat produk, harus intens menjalin komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi ini bisa berupa gathering, seminar, memberikan kuis dan gift atau memberitahukan via telpon setiap ada produk yang dikeluarkan. Tugas dari seorang marketer untuk bisa membuat sebuah program dalam membagi cara-cara komunikasi yang intens tersebut.

Demikian sedikit informasi mengenai tips-tips dalam mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...