November 26, 2016

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis

Ada banyak pesaing disekeliling bisnis kita, dan sewaktu-waktu bisa membuat bisnis gulung tikar jika tidak cepat diantisipasi.
Tetapi persaingan itu sebenarnya tidak harus disikapi dengan negatif, karna persaingan itu dibutuhkan agar membuat kita bisa lebih tangguh mengelola bisnis sendiri.

Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk menghadapi persaingan usaha:

#1. Bersaing lewat produk.
Persaingan bisa dilakukan melalui produk itu sendiri, lakukan inovasi-inovasi secara terus menerus serta ciptakan produk yang lebih kelihatan unik dan membuat produk lebih berkualitas. Hal ini akan membuat produk kita mampu mengungguli pesaing.

#2. Bersaing lewat pemasaran.
Jika sebuah produk bagus dengan kualitas juga sudah premium, tetapi jika pemasarannya tidak ada atau kurang greget, sama saja bohong. Buat sebuah jalur pemasaran yang baru serta perkuat jalur pemasaran tersebut. Hal ini pernah dilakukan sebuah produk yang bernama Tien-S dan Amway yang bisa merevolusi penjualannya melebihi produk sejenis di jalur konvensional.

#3. Bersaing lewat harga.
Memang dewasa ini, konsumen sudah mulai kritis dalam membeli sebuah produk, mereka tidak hanya memutuskan membeli produk berdasarkan harga murah tetapi juga melihat kualitas produk itu sendiri. Ini merupakan sebuah peluang bagi kita untuk bisa bersaing dengan membuat produk dengan kualitas bagus tetapi harga murah. Bagaimana caranya? potong jalur distribusi/pemasarannya. Hal ini dilakukan oleh Dell dalam mengalahkan IBM dan Compaq, dengan memotong jalur pemasaran Dell membuat jalur pintas antara produsen dan konsumennya.
Cara lain, bisa digunakan teknologi untuk menurunkan biaya produksi, atau bisa juga dengan mendapatkan bahan baku yang murah tapi bukan murahan.

#4. Bersaing lewat pelayanan.
Berikan pelayanan yang prima, maksimal. Manjakan pelanggan untuk menciptakan hubungan yang bersahabat, hal akan menciptakan relasi yang langgeng nantinya.

#5. Merangkul kompetitor itu sendiri.
Merangkul kompetitor? kenapa ngga?, jangan anggap pesaing adalah musuh. Terkadang pesaing itu bisa membawa keuntungan bersama jika mampu merangkulnya. Buat sebuah paguyuban atau tawarkan negosiasi usaha. Siapa tahu jika pesaing tidak mampu memenuhi pesanan, Anda yang menutupinya. Percayalah, membangun hubungan yang baik dengan pesaing akan membawa keuntungan bersama nantinya.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...