November 7, 2016

Trik Mencapai Target Penjualan

Seorang marketing atau sales sebagai ujung tombak dalam sebuah perusahaan akan dibebani sebuah target penjualan oleh manajemen. Target yang dibebankan tersebut harus tercapai, namun kadang kala tidak sedikit yang menemui kegagalan, sehingga akan mendapat teguran, peringatan tertulis, atau punishment oleh perusahaan sebagai konsekuansi profesinya tersebut.
Untuk menghindari kegagalan pencapaian target penjualan tersebut, ada baiknya diterapkan beberapa tips berikut:

1.) Sales Plan | Perencanaan
     Seorang sales harus mempunyai sebuah perencanaan yang tepat dan mempunyai sebuah tujuan yang jelas, seperti:
  • Berapa omset penjualan yang ingin dicapai?
    Tentukan angka nominal yang logis dalam menentukan sebuah omset penjualan, dengan memperhatikan dan menganalisa produk kita sendiri, apakah dapat bersaing dipasaran.
  • Bagaimana cara mencapainya?
    Setelah menentukan angka target, sales wajib membuat sebuah  strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut.
  • Dan langkah apa yang harus dilakukan
    Setelah itu, sales harus memikirkan cara langkah apa yang tepat untuk mengimplementasikan strategi-strategi yang sudah dibuat.
2.) Jeli Terhadap Perubahan
     Arus informasi dan perubahan, serta makin ketatnya persaingan membuat seorang sales harus mampu mengetahui perkembangan terkini. Respon yang cepat terhadap informasi yang didapat serta tindakan yang cepat pula akan membuat seorang sales mampu berada beberapa langkah didepan.

3.) Open Minded & Dinamis
     Seorang sales harus mengetahui kemampuannya sendiri serta mempunyai data untuk mengetahui kemampuan kompetitornya. Jika strategi yang ada tidak lagi efektif diterapkan, tidak ada salahnya untuk mempelajari strategi kompetitor yang efektif dan menerapkannya kedalam strategi sendiri, yang tentunya dengan beberapa penyesuaian dalam kondisi produk sendiri.

4.) Kreatif & Inovatif
   Memiliki banyak ide-ide kreatif dan menggunakannya dalam strategi penjualan merupakan salah satu langkah jitu untuk mengangkat penjualan produk. Mampu melakukan terobosan-terobosan yang berani, mengingat tingkat persaingan yang semakin tajam.

5.) Networking | Jaringan
     Posisi seorang sales tidak terlepas dari yang namanya sebuah jaringan. Mampu membangun sebuah jaringan akan memberikan sebuah peluang besar untuk melakukan transaksi. Misalnya bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan komunitas-komunitas, aktif di media sosial dan lain-lain.

6.) Disiplin & Profesional
     Seorang sales dituntut harus selalu belajar, baik secara teori maupun berdasarkan pengalaman. Juga mempunyai kemauan yang keras untuk meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi perubahan yang cepat serta selalu fokus secara konsisten dalam menjalani profesinya.

7.) Tidak Cepat Puas Diri
     Ketika seorang sales dapat mencapai target penjualan yang dibebankan kepadanya, maka jangan cepat puas diri, karena seperti yang disebutkan diatas, arus perubahan yang cepat akan membuat sebuah strategi bisa tidak berlaku dibulan berikutnya. Untuk itu, seorang sales harus kembali fokus serta tetap menciptakan prospek pada langkah selanjutnya.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...