December 16, 2016

Cerita Dibalik Kesuksesan Henry Ford Menciptakan Mobil

Henry Ford terlahir dari keluarga petani. Ayahnya, William Ford merupakan seorang petani yang cukup berhasil serta memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Sang ayah sangat menginginkan kelak anaknya kelak untuk menjadi penerusnya sebagai petani atau menjadi seorang pedagang yang sukses. Namun, keinginan sang ayah ini berbenturan dengan keinginan Henry yang lebih tertarik dengan berbagai macam mesin. Pernah suatu kali ia masih sekolah, seorang petani datang kesekolah Henry mengadukan kepada guru atas kelakuannya yang membendung aliran sungai yang mengaliri ladang-ladang pertanian untuk melakukan sebuah eksperimen, sehingga aliran air terhenti dan menimbulkan banjir dimana-mana. Walaupun dia dihukum akibat ulah ia itu, dia merasa percobaannya tersebut cukup berhasil, hingga ia semakin tekun untuk mempelajari teknik cara-cara kerja mesin.
     
Ketrampilan Henry Ford dalam bidang mesin semakin terasah, sehingga namanya mulai dikenal banyak orang-orang disekitar daerahnya tersebut. Ia sering diminta tolong oleh tetangga untuk memperbaiki mesin-mesin mereka yang rusak, atau memperbaiki bendungan lahan pertanian yang jebol. Setelah meningkat dewasa, Henry Ford berpikiran untuk mencoba mandiri dengan pergi mengadu nasib di kota lain. Walaupun sang ayah keberatan dan tetap berkeinginan bahwa Henry ini harus menjadi seorang petani. Tapi tekad Henry sudah bulat, akhirnya ayahnya pun mengijinkannya untuk pergi. Di Detroit ia bekerja di sebuah pabrik dengan gaji 2,50 dolar perminggu, tetapi ia harus mengeluarkan biaya 3,50 dolar pada saat waktu yang sama. Untuk menutupi kekurangan tersebut ia bekerja ekstra sebagai pelayan di sebuah toko permata dengan gaji 2,00 dolar perminggu.
     Pada suatu hari, ia harus kembali pulang karena mendapat kabar ayahnya sakit. Ia kembali ke kampung halamannya dan bekerja di ladang pertanian milik sang ayah. Bekerja sebagai petani kembali tidak membuat bakat dan hobi Henry Ford hilang, ia menemukan ide untuk menciptakan sebuah mesin yang dapat membajak ladang dan kebun, untuk menggantikan binatang-binatang yang membutuhkan biaya untuk makan, apalagi dalam masa musim dingin, binatang-binatang ini tidak bekerja tetap diberi makanan. Henry menciptakan mesin pertaniannya pertama kali pada usia 20 tahun, dan kelak penciptaan dia ini akan menjadi sejarah dalam dunia pertanian.
     Pada suatu malam, Henry Ford yang menyunting Clara Bryant berkata kepada sang istri untuk pindah ke Detroit dan bermimpi untuk menciptakan kereta kuda. Selama dua tahun ide ini belum juga berhasil diwujudkan, eksperimen yang ia lakukan selalu gagal. Dia tidak patah semangat, setiap hari ia berkutat di bengkel dengan penuh konsentrasi dan kegigihan. Orang-orang yang melihat kelakuan Henry ini seperti orang bodoh dan dungu. Hingga, pada pagi hari ditahun 1983, ia pun berhasil menciptakan sebuah kereta kuda untuk diuji coba. Pertama kali dilakukan uji coba, kereta ini mengeluarkan suara yang bising dan asap yang mengepul, baru beberapa meter jalan keluar dari bengkel, mesinnya tiba-tiba mati dan tidak bisa berkelok karena tidak ada kemudi. Henry kembali memperbaiki dan kemudian dilakukan kembali percobaan kedua yang kali ini sang istri sebagai penumpangnya. Kereta dapat berjalan kencang tetapi suaranya tetap bising memekakkan telinga. Orang-orang yang menyaksikannya pun sebagian kagum dan sebagian lagi cemas. Ia pun kembali melakukan perbaikan untuk kesekian kalinya. Bertahun-tahun Henry Ford memikirkan bagaimana ia dapat menyempurnakan hasil karyanya tersebut, sampai ia pun berhasil dan dunia mencatat bahwa ia menjadi manusia penemu mesin mobil di Amerika Serikat.
Henry Ford yang lahir pada 30 Juli 1863 di Greenfield Township, Michigan mampu menunjukkan bahwa ia telah mendapatkan modal yang besar dan kuat, hasil gagasan-gagasannya yang semula dianggap gila itu. Beliau meninggal pada 7 April 1947 dalam usia 84 tahun. Quote-quotenya yang terkenal adalah:

" If you think you can do a thing or think you can't do a thing, you're right "
Jika Anda berpikir mampu melakukan sesuatu atau berpikir tidak mampu lakukan sesuatu, Anda benar".

" Failure is simply the opportunity to begin again, this time more intelligently".
Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi, ini lebih cerdas.

" Coming together is beginning, staying together is progress and working together is success!".
Datang bersama untuk memulai, Tinggal bersama untuk maju dan bekerja bersama untuk sukses!.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...