December 7, 2016

Jerry Yang dan David Filo Pendiri Yahoo!

Nama Yahoo merupakan akronim dari " Yet Another Hierarchical Officious Oracle". tetapi Filo dan Yang memilih nama yang mereka pilih sendiri karena mereka suka dengan defenisi umum dari Yahoo: "rude, unsophisticated, unccouth". Yahoo! bermula dari hobi mahasiswa yang berubah menjadi brand global yang telah mengubah cara orang untuk berkomunikasi satu dengan lainnya, mencari informasi serta membeli berbagai kebutuhan barang. Yahoo! sendiri pertama kali di buat di work station mahasiswa Yang "Akebono", ketika software dibuat di komputer Filo "Konishiki" yang keduanya merupakan nama dari pesumo Jepang yang melegenda. Dua pendiri Yahoo! David Filo dan Jerry Yang adalah kandidat doktor bidang teknik elektro di Universitas Stanford, yang memulai di trailer kampus pada tahun Februari 1994.
Para pendiri Yahoo! ini menyadari mereka mempunyai bisnis yang potensial. Pada Maret 1995, mereka menjalin kerja sama bisnis dengan para pemilik lembaga modal ventura Silicon Valley. Mereka kemudian melakukan kerja sama dengan Sequoia Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi, termasuk untuk Apple Computer, Atari, Oracle dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo! pada bulan April 1995 dengan investasi awal mendekati US 2 juta.
Realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry dan David mulai membuat tim manajemen. Mereka merekrut Tim Koogle, sebagai kepala Chief Executive Officer, seorang veteran Motorola dan alumni jurusan teknik Stanford, serta merekrut Jeffrey Mallett seorang pendiri Novel's Divisi WordPrefect sebagai Chief Operating Officer. Dan mereka berhasil mendapatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd dan Softbank. Yahoo! diluncurkan go public dengan sangat sukses pada bulan April 1996 dengan hanya jumlah karyawan sebanyak 49 orang.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...