December 1, 2016

Tips Memilih Bisnis Yang Paling Cocok

Sebelum memilih bisnis yang sesuai untuk dijalankan, saya menyarankan pilihlah bisnis yang merupakan End of Your Dream, bisnis yang paling diidam-idamkan !. Mengapa harus begitu?, coba kalau kita merasa yakin bahwa bisnis yang akan dijalankan bisa bikin kita menjadi kaya raya dan bahkan bisa diwariskan ke generasi berikutnya, tentu hal ini akan membuat kita akan bekerja dengan semangat, sebaliknya jika kita memilih bisnis yang asal-asalan akan membuat kita tidak semangat dan konsisten menjalani.

Ada beberapa ide bisnis yang dapat dijalankan berdasarkan kriteria yang kita inginkan:

Pertama: Bisnis berdasarkan Hobi.
     Kalau mempunyai hobi, Anda bisa mengembangkan hobi tersebut menjadi sebuah bisnis. Rata-rata bisnis yang sukses, dijalankan berdasarkan hobi yang dimiliki. Misalnya Bill Gates yang mempunyai hobi mengotak atik komputer dan akhirnya dapat membangun Microsoft bahkan sampai sekarang ia masih menjadi orang terkaya di dunia.

Kedua: Bisnis berdasarkan Pendidikan atau Pekerjaan.
     Kalau Anda seorang sarjana ekonomi, Anda bis menjadi konsultan, buka kursus akuntansi, menjadi auditor. Atau yang sarjana hukum membuka konsultan hukum atau PPAT. Bisa juga misalnya seorang guru yang bisa membuka kursus bimbingan belajar, menulis buku, dan lain-lain.

Ketiga: Bisnis berdasarkan Market Trend (Kecenderungan Pasar).
     Bisnis apa yang sedang ramai digandrungi orang dan mempunyai tren cukup bagus. Rumah makan, franchise, adalah sebagian bisnis yang tren belakangan ini. Dalam memilih bisnis berdasarkan tren harus diperhatikan bahwa tren memiliki live cycle paling tidak selama jangka waktu 10 tahun. Sebab ada waktu yang cukup untuk menikmati hasil dari pertumbuhan pasar (market growth).

Keempat: Bisnis yang memiliki Nilai Masa Depan.
     Alfin Tofler, futurolog nomor satu di dunia pada awal tahun 1990 an meramalkan ada tiga jenis bisnis yang memiliki nilai masa depan cerah.
1. Yang berkaitan dengan pendidikan. Franchise pendidikan, kursus ketrampilan, bimbel.
2. Yang berkaitan dengan kesehatan. Fitness center, akupungtur, alat-alat kesehatan.
3. IT. Meskipun beberapa tahun yang lalu sempat mengalami bubble dan menimbulkan kerugian yang amat dahsyat, bisnis IT tetap memiliki prospek kedepan karena semakin maju zaman, peran informasi semakin dominan.



sumber: valentino dinsi

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...