December 5, 2016

Steve Jobs Pendiri Apple Computer

Memulai kerja di sebuah garasi milik keluarganya, Steve Jobs bersama Stephen Wozniak mengatur usahanya ketika toko Byte di Mountain View, membeli 50 komputer assembling mereka. Dari sini dimulailah perusahaan komputer Apple didirikan. Sebuah nama yang diambil berdasarkan nama buah favorit dan logonya dipilih untuk mempresentasikan nama perusahaan dan kata-kata bitnya.
     Steve Jobs, lelaki kelahiran Los Altos California pada tahun 1955, bersama Stephen Wozniak mendirikan perusahaan Apple dan menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau.

Pada tahun 1976, Jobs yang baru berusia 21 bersama rekannya tersebut mulai mendirikan Apple Computer Co. Ia kemudian melakukan inovasi ide tentang personal computer (PC), ia dan temannya membuat PC yang diberi nama Apple. Apple ini mengubah ide orang tentang komputer dari kotak besar yang biasa digunakan oleh perusahaan besar dan pemerintahan, menjadi kotak kecil yang bisa digunakan oleh orang-orang biasa, yang sebelumnya belum ada perusahaan yang dapat melakukan inovasi komputer untuk pengguna yang lebih mudah lagi dari komputer buatan perusahaan Apple. Tampilan Macintosh memungkinkan orang untuk berinteraksi lebih mudah dengan komputer, karena mereka menggunakan mouse untuk meng-klik pada display obyek screen untuk melakukan fungsi perintah tertentu.

     Seiring dengan usahanya yang makin berkembang, pada tahun 1983 Jobs menggaet John Scully dari Pepsi Cola untuk memimpin perusahaan. Sampai sejauh itu, Apple Computer menuai kesuksesan dan makin menancapkan pengaruhnya dalam industri komputer terlebih setelah diluncurkannya Macintosh. Namun hanya berselang 2 tahun setelah John Scully bergabung, terjadi konflik antara Steve Jobs dengan Scully yang berakhir dengan pemecatan terhadap Steve Jobs, pendiri mereka sendiri. Steve Jobs kemudian menjual seluruh sahamnya, dan menghabiskan banyak waktu dengan bepergian keliling Eropa.
     Sepeninggal Jobs, dan semakin kuatnya dominasi IBM dan Microsoft membuat Apple kalah bersaing dan nyaris bangkrut. Hal ini memaksa perusahaan untuk melakukan reorganisasi besar-besaran yang salah satu pada tahun 1997 perusahaan Apple kembali memanggil Steve Jobs untuk mengisi posisi pimpinan sementara perusahaan. Dengan mengaplikasi teknologi yang di rancang di NeXT, kali ini Apple kembali bangkit dengan berbagai produk berteknologi maju macam Mac OS X, IMax dan salah satu yang fenomenal adalah iPod.
     Kisah sukses Steve Jobs mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada kesuksesan yang instan. Penolakan dan kegagalan sering mewarnai perjalanan hidup, tetapi hal itu tidak membuat semangat patah.


dari berbagai sumber



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...