January 31, 2020

Menemukan Sebuah Tribes

Dalam mencari sebuah tribe, kita tidak ingin agar tribe tersebut terlalu sempit. Kalau terlalu sempit maka kita akan kesulitan dalam melakukan scaling-up atau memperbesar bisnis kita.
Misalnya seperti ini: Kita mengincar orang-orang pecinta merek stik golf tertentu. Lihat dulu dan pelajari, seberapa banyak orang yang tertarik dan apakah mereka huge spenders. Kalau iya, maka kita bisa mengincar 'orang-orang pecinta merek stik golf A' yang meskipun jumlahnya tidak banyak, namun memiliki potensi yang besar. Dalam hal ini penekanan kalimatnya lebih ke kata 'orang-orang', itulah yang kita cari, bukan 'market' nya. Ada perbedaan yang signifikan dalam hal ini.
     Secara umum, banyak di antara kita terbiasa dengan metrics tertentu seperti seberapa besar jumlah kompetitor, search engine optimization (SEO), dan lainnya. Kalau pola kita dalam berbisnis mencari sebuah market, maka hal itu sangat relevan, namun dalam sistem Tribes Internet Blueprint, hal tersebut tidak relevan sama sekali.


Kita bisa mencari market apa pun yang kita inginkan selama kita bisa menemukan dan memimpin orang-orang yang ada di dalamnya. Itulah kuncinya Menemukan dan Memimpin.

Dalam sebuah blog post dari Seth Godin berbicara tentang Gerald Roush yang memiliki sebuah tribe Pencinta Ferrari, dan Roush membuat sebuah newsletter eksklusif dengan jumlah subcriber sekitar 5.000 orang dan orang-orang tersebut membayar $130 per subcription setiap tahunnya. Bisa dibayangkan, berapa jumlah nominal yang didapat oleh Gerald Roush? dan ia bahkan melakukannya tanpa sebuah website!.
Kita berada di era informasi yang mana keburukan dari era ini adalah informasi yang ada terlalu banyak (overload), dan kita sangat sulit untuk membedakan informasi mana yang sebetulnya bisa digunakan dan yang tidak. Itulah peran kita nantinya sebagai seorang pemimpin dalam sebuah tribe. Kita yang akan mencari informasi, memilah yang terbaik dan memberikan input yang terbaik pula untuk orang-orang yang ada dalam tribe kita. Jika informasi yang kita berikan akurat dan bisa dipercaya maka pada tahap ini, ketika orang-orang kesulitan dalam menjual maka justru kita mudah mendapatkan konvensi sales yang mengejutkan.
     Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan tribe yang tepat? Ada beberapa kriteria yang bisa kita gunakan untuk menentukan sebuah tribe, meskipun kriteria ini bukan harga mati tapi lebih tepat sebagai panduan:
  • Apakah jumlah orang yang ada sebagai tribe tersebut besar / kecil? kalau kecil, apakah mereka spenders (boros / royal).
  • Seberapa lebarkah tribe yang kita miliki? Jika kita memilih tribe tentang orang-orang yang peduli kesehatan, akan terlalu besar dan kita akan kesulitan dalam memilih konten terbaik. Namun, tribe untuk orang-orang yang peduli kanker mungkin lebih baik.
  • Apakah kita bisa memberikan update berita-berita terbaru dan menarik bagi mereka?
  • Bagi orang-orang yang terkena hemorrhoids / wasir dan kita ingin membentuk tribenya, mungkin kita akan kesulitan. Mengapa? karena jelas bagi orang-orang seperti ini, mereka hanya ingin cure-nya (penyembuhnya), bukan informasi yang luas tentang wasirnya. Beda halnya dengan pecinta mobil Ferrari. Mereka ingin tahu segala sesuatunya tentang Ferrari. Berbeda bukan?.
Semoga bermanfaat!



No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...