January 31, 2020

Metode Tribes Internet Blueprint

Jika saya harus memulai semuanya dari nol, memiliki modal yang minim, dan tidak ada orang yang bisa dipinjamkan utang, bagaimana caranya saya bisa mendirikan bisnis yang dapat menghasilkan yang tinggi dengan keuntungan yang cukup besar?...

Jawabannya adalah Tribes Internet Blueprint

Kebanyakan dari bisnis yang ada di internet menawarkan cara untuk dapat menghasilkan uang, namun jarang yang mengatakan bagaimana caranya untuk dapat membangun aset bisnis.
Padahal, dalam mengembangkan dan memastikan sebuah bisnis mencapai kesuksesan dalam jangka panjang, Anda harus membangun aset Anda disamping membangun cashflow bisnis.
Contohnya: Ketika Anda membangun bisnis sebagai seorang content publisher dan mengandalkan search engine optimization (SEO) untuk mendatangkan pengunjung ke website. Dalam prosesnya, Google seringkali mengubah algoritma pencarian mereka dan ketika hal itu terjadi, website Anda yang sebelumnya ada dihalaman pertama pencarian Google bisa langsung terlempar dari halaman pertama. Ketika hal itu terjadi, pendapatan Anda yang sebelumnya misalnya $100 perhari, bisa menjadi $0 keesokan harinya.

Di Tribe Internet Blueprint, kita membangun sebuah Aset. Aset tersebut adalah tribe member. Apapun yang terjadi dalam dunia internet, selama kita memiliki cara untuk bisa berkomunikasi dengan mereka dan menyampaikan pesan kepada mereka, bisa dipastikan 100% dapat memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan dan dapat bertahan lama.
     Itulah perbedaan mendasar anatara model bisnis tribes ini dengan model bisnis internet pada umumnya. Kita membangun aset dan kita dapat menggunakan aset tersebut untuk mendatangkan cashflow kedalam bisnis kita.
Pertanyaannya, tapi bagaimana kalo bisnis kita bergerak dibidang retail? apakah bisa membuat tribes tersendiri?...
Ada beberapa cara untuk mengembangkannya:

  1. Kita membangun sebuah brand sendiri.
Bisnis pakaian kita mungkin ada merk tersendiri, kita dapat membuat sebuah tribe seperti grup-grup dimana para konsumen bisa dikumpulkan. Kita memberikan update-update dan info terbaru mengenai sebuah produk.

      2. Kita dapat membangun tribes atas demografis market.

Pakaian yang kita jual pasti mempunyai atau berada pada sebuah segmen demografis tertentu. Contohnya, jika menjual pakaian untuk bayi atau anak-anak, target pembeli kita pasti seorang Ibu yang rata-rata usianya di kisaran 25-35 tahun. Kita bisa melakukan riset, apakah minat mereka dan dimana saja mereka berkumpul. Dari riset tersebut, kita bisa ambil kesimpulan dalam membuat sebuah tribe, dimana tribe itu membicarakan mengenai pengetahuan sebagai orang tua, cara merawat bayi dan bahlan bisa membicarakan karier untuk Ibu-ibu muda.

Dalam tribe tersebut, kita memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka dan pada waktu tertentu ketika kita ingin me-launching sebuah produk, maka kita dapat memberikan informasi tersebut kepada mereka.

Itulah powerful-nya ketika kita memiliki sebuah tribes. Untuk mengembangkannya, kita bisa bekerjasama dengan tribes lain yang berada dalam demografis yang sama dengan tribes kita. Bisa saling bertukar promosi, hingga kedua tribes dapat berkembang dengan pesat dan volume penjualan bisa meningkat tajam.

Apakah itu Tribes?...
Seth Godin (Guru Marketing) : Berbicara mengenai sekumpulan orang yang ingin dipimpin dan berkumpul atas dasar sebuah minat yang sama.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...