January 25, 2020

Pemikir Yang Besar Fokus Pada Hal-Hal Yang Kecil - Detil

Harvey S. Firestone berkata: "Kesuksesan adalah anak dari detil"
Banyak orang pernah menonton kekalahan permainan sepakbola karena salah satu pemainnya tidak memblok sesuai dengan strategi yang dimainkan. Kitapun pernah menonton lawakan yang tidak lucu karena pemilihan waktunya tidak tepat sedetik, atau bahkan kurang dari sedetik. Kita juga gagal menjual karena intonasi menjual yang salah ketika dimintai pesanan.

Perhatikan contoh berikut. Volkswagen adalah salah satu mobil yang paling laku di dunia. Orang-orang mengandalkan VW karena daya tahan dan reliabilitasnya. Ketika perusahaan itu membuat mobil di Amerika Serikat, tidak lama kemudian penjualannya jatuh secara drastis, alasannya satu: perhatian terhadap detil diabaikan. Hal-hal kecil jadi penyebab kesalahan. Pegangan pintu jatuh, koplingnya cacat, AC sering tidak berfungsi dan masalah keamanan menyebabkan beberapa produk ditarik dari pasaran.
Volkswagen kehilangan pangsa yang besar kala itu, bukan karena rencana (besar) dasar mobil itu yang salah, tapi karena instruksi detil mengenai bagaimana merakit mobil itu tidak diikuti sesuai prosedur. Hasilnya, ratusan ribu pembeli mobil mengabaikan VW sampai kredibilitasnya kembali membaik.

     Rencana besar yang dikombinasikan dengan detil akan berhasil ketika kita menjalankan dengan perhatian terhadap hal-hal yang kecil menjadi keharusan. Memberikan perhatian sedikit lebih banyak kepada hal yang kecil akan menghasilkan nilai yang tinggi dalam setiap hal yang dilakukan.
Pemilik sebuah produsen pakaian pernah ditanya oleh salah seorang konsumennya mengapa dia bisa memberikan harga stelan bajunya lebih tinggi 50 sampai 100 persen dari harga kompetitornya. Dia mengambil satu stelan bajunya dari rak dan menunjukkan kepada konsumennya tersebut apa yang tidak dilakukan oleh kompetitornya yang memberikan harga lebih murah. Dia menunjukan kualitas jahitnya, tenunannya, cara stelannya tersebut dijahit, garisnya dan bagaimana kancingnya tersebut dipasang - hal "kecil".
Setelah melihat demontrasinya tersebut, konsumen ini baru paham mengapa harganya lebih tinggi dari produsen yang lain.







berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...