January 19, 2020

Seberapa Tinggi Kamu Dapat Melompat?

Dalam sebuah percobaan, dimasukkanlah seekor kutu kedalam sebuah toples. Pada awalnya, kutu tersebut berusaha melompat keluar sekuat tenaga, setinggi dan sesering mungkin. Setelah keluar dari toples, peneliti memasukkannya kembali ke dalam toples yang tertutup. Kutu tetap berusaha melompat keluar dari toples, namun apa daya setiap usahanya selalu terbentur tutup toples. Semakin sering ia mencoba melompat keluar, semakin sering pula ia membentur tutup toples, semakin kuat lompatannya, semakin terasa sakit kepalanya., dan pada akhirnya semakin kuat pula keyakinannya bahwa ia tidak akan bisa keluar. Kemudian, tutup toples dibuka, sang kutu masih mencoba untuk melompat tetapi lompatannya sudah tidak tinggi, hanya sampai ujung toples, Ia tetap tidak bisa keluar. Ini yang dinamakan self-limiting belief (Keyakinan yang membelenggu diri). Padahal jika kutu tersebut melompat kencang dan tinggi seperti pertama kali, ia pasti bisa keluar dari toples.
     Kesimpulannya, begitu si kutu mengkondisikan dirinya untuk melompat hanya setinggi, hasilnya bisa ditebak. Pikiran bawah sadarnya menerima informasi dari pikiran sadarnya untuk melompat hanya sebatas tinggi toples saja karena jika lebih hasilnya akan sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan manusia melakukan hal yang sama. Mereka hidup dengan "membatasi" diri dan tidak pernah mencapai potensi maksimalnya. Sama seperti kutu tadi, mereka menganggap bahwa apa yang selama ini dilakukan dalam hidup adalah sesuatu yang telah maksimal yang dapat mereka lakukan. Tidak ada pencapaian yang lebih besar dan lebih hebat lagi dari apa yang telah mereka peroleh selama ini. Mereka merasa sudah bekerja secara maksimal, berpikir sudah maksimal dan merasa sudah mendapatkan "bayaran" secara maksimal sesuai dengan apa yang mereka selama ini. Padahal sesungguhnya, bisa jadi mereka telah berada didalam "toples" selama bertahun-tahun, sehebat apapun kerja yang mereka lakukan, hasilnya hanya sampai pada tutup toples dan tidak menyadari hal ini.
Jika kita, Anda dan Saya merasa telah menjadi bagian dari mereka, mulai saat ini mari kuatkan tekad untuk melompat keluar dari "toples" kehidupan. Kembangkan potensi diri!.








Sumber the power of belief

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...