January 21, 2020

The Real Meaning Of Failures

Kegagalan merupakan bagian dari proses kehidupan yang harus dihadapi setiap saat. Kita harus mampu mengubah ketakutan terhadap kegagalan (fear of failure) menjadi kekuatan atas kegagalan (power of failure), karena takut gagal adalah alasan utama yang menyebabkan seseorang untuk tidak mengambil tindakan.
     Thomas Edison, penemu hak paten terbanyak di dunia, pada usia tuanya tidak melihat kebakaran pabriknya sebagai kegagalan yang harus disesali, bahkan dengan semangat ia mengajak keluarga untuk menyaksikan kebakaran gedung kesayangannya tersebut. Keesokan harinya ia mengumpulkan karyawannya dan bertekad dengan semangat penuh untuk membangun kembali gedung yang baru.
     Karena sesungguhnya kegagalan itu adalah...

Pertama, kegagalan merupakan guru yang terbaik.
     Bagi setiap individu bermental positif, kegagalan merupakan perjalanan menuju pintu kesuksesan.
Pada suatu ketika disebuah perusahaan besar dalam acara pergantian pucuk pimpinan tertinggi (CEO), Yunior yang akan menggantikan CEO senior bertanya: " Saya ingin bertanya tentang hal utama yang menjadi kunci kesuksesan Anda?". CEO tua ini menjawab dengan bijaksana "Anak muda, saya dapat merangkum jawabannya dengan hanya dua kata: Good Decisions (keputusan-keputusan yang baik). Lalu sang junior kembali bertanya, "Tapi bagaimana Anda dapat memiliki kemampuan untuk memutuskan setiap hal dengan benar?". Senior menjawab, "satu kata...Experiences (pengalaman)". Tidak puas dengan jawaban tersebut, yunior kembali mengajukan pertanyaan, "Tetapi bagaimana Anda mendapatkan pengalaman yang membuat Anda dapat mengambil keputusan yang tepat?". CEO Senior ini terdiam sejenak, kemudian tersenyum lalu menjawab," Jawabannya saya simpulkan dalam dua kata Bad Decisions (keputusan-keputusan yang buruk).

Kedua, Kegagalan akan membuat Anda mengubah tindakan.
     Ketika seseorang menghadapi kesuksesan, ia cenderung bersuka cita dan berpesta, tetapi ketika gagal ia cenderung menghabiskan waktu untuk berpikir dan mencari tahu hal apa yang harus diperbaiki. Ada pepatah mengatakan bahwa defenisi dari orang yang salah kaprah adalah orang yang melakukan hal yang sama terus menerus tetapi menginginkan hasil yang berbeda. Cara yang sama akan mengakibatkan hasil yang sama pula, ingin hasil yang berbeda ubah cara.

Ketiga, Kegagalan adalah tantangan yang akan membuat lebih kuat.
     Salah satu keajaiban alam yang indah terdapat disepanjang laut sebelah Utara Australia yang memanjang hingga ke Papua Nugini, namanya Great Barrier Reef yang panjangnya lebih dari 2.000 Kilometer. Hal menarik dari susunan batu karang adalah adanya dua sisi yang berbeda. Sisi dalam menghadap ke Laguna yang tenang sedangkan sisi luar harus menghadap ke laut, yang dihantam ombak bertubi-tubi. Hal yang menarik perhatian wisatawan adalah mengapa sisi dalam batu karangnya kelihatan pucat seperti tidak hidup, sedangkan bagian sisi luar yang menghadap ke laut karangnya berwarna-warni dengan warna yang indah dan hidup. Penjelasannya adalah, sisi luar karang selalu ditempa oleh ombak yang dahsyat yang mengakibatkan karang-karangnya seperti berusaha mempertahankan diri dan bertambah kuat. Sedangkan bagian sisi dalamnya tidak mendapat tantangan sehingga mereka lemah, tidak berdaya dan kebanyakan karang-karang itu mati lebih cepat.
     Perjalanan hidup manusia tidak terlepas dari tantangan-tantangan yang sering kali membuat putus asa dan rasa kesal. Namun sesungguhnya, tantangan demi tantangan itu akan mendidik karakter manusia positif lebih kuat dan lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Karena sesungguhnya, kesuksesan pada hakikatnya diukur dari seberapa banyak rintangan dan tantangan yang di hadapi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...