January 25, 2020

Your Success Depends on Your Habits

Kesuksesan Anda Tergantung oleh Kebiasaan Anda...

Seorang anak muda mendengar cerita mengenai kehebatan seorang tua yang sangat ahli membedakan jenis-jenis permata yang harganya sangat mahal. Karena mempunyai cita-cita kelak menjadi ahli permata terkenal di dunia, maka anak muda ini kemudian berusaha agar dapat diterima menjadi murid oleh ahli permata tersebut. Setelah berusaha berkali-kali meyakinkan sang guru, akhirnya ia diterima dengan syarat mematuhi seluruh perintah sang guru. Karena keinginan yang kuat maka anak muda tersebut menerima tawaran sang mahaguru.
Setelah waktu berjalan hampir 5 bulan, anak muda ini mulai bosan, Soalnya, sejak hari pertama belajar, sang guru tidak pernah memberikan pelajaran apapun kepadanya. Ia hanya diberi tugas untuk menggenggam beberapa buah batu permata, dari pagi  sampai sore hari. Hal tersebut dikerjakan setiap hari, selama delapan jam penuh. Menurut sang guru, ritual ini harus dikerjakan hingga bulan keenam. Karena merasa tidak diajari dan tidak perkembangan dalam keahliannya, sang anak muda ini menghadap gurunya dan menceritakan niatnya untuk mengundurkan diri. Dengan tenang sang guru mengangguk tetapi meminta anak muda ini untuk mencoba satu hari lagi.
Keesokan harinya, dan dengan ritual yang sama, tiba-tiba anak muda ini berteriak dan berkata, " Yang satu ini bukan permata asli", Sang guru tersenyum dan berkata, "bagaimana kamu mengetahuinya?", "Saya yakin ini bukan permata asli, karena saya dapat merasakan yang mana yang asli!". Sang guru kemudian berkata, " Selamat, kau telah lulus ujian menjadi seorang ahli permata.".
Selama ini, Anak muda tersebut tidak menyadari bahwa sang guru sedang melatihnya dengan cara yang khusus, bukan dengan menggunakan metode yang sering ia ketahui. Karena terbiasa setiap hari memegang batu permata yang asli, maka ia dapat mengenali batu permata palsu dengan hanya menggenggamnya.

Demikian pula dengan hidup ini, kita dapat mempelajari kesuksesan dengan mempelajari musuh-musuh yang ada dalam diri kita. Musuh yang juga sekaligus bisa menjadi kawan kita adalah kebiasaan-kebiasaan (habits) kita. Sebuah pepatah mengatakan," Ceritakanlah mengenai kebiasaanmu, maka saya akan menyatakan akhir dari perjalananmu".

Orang-orang yang berhasil dalam hidupnya, adalah orang-orang yang membentuk kebiasaan positif, yang mana kebiasaan ini selalu dihindari oleh mereka yang gagal dalam hidup. Habits pada awalnya sering dianggap enteng. Pada awalnya, kita adalah tuan atas kebiasaan-kebiasaan kita namun lama kelamaan, kebiasaan akan menjadi tuan atas diri kita.

Ada tiga cara untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk:
#Pertama, memilih kebiasaan-kebiasaan positif dan kemudian konsisten dalam menjalani kebiasaan tersebut.
#Kedua, Menggunakan teknik substitusi, yaitu mengganti kenikmatan yang diberikan oleh kebiasaan buruk dengan kebiasaan lain yang positif.
#Ketiga, Menggunakan teori pain versus gain, gain (hasil) yaitu menemukan benefit dari tidak melakukan kebiasaan itu lagi dan pain (usaha)  jika melakukan kebiasaan itu.

Dengan menemukan akar dari kenikmatan yang ditimbulkan oleh kebiasaan buruk, kita dapat mencari alasan yang kuat untuk menjauhinya. Buatlah agar alasan ini menjadi motivasi kuat untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Dengan dorongan kuat ini, maka kita bersiap diri untuk mengubah attitude kita dan mulai melakukan tindakan nyata untuk merealisasikannya dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan yang buruk.

Semoga bermanfaat!






sumber : fight like a tiger, win like a champion

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...