February 8, 2020

Bagaimana Menyusun Goals ?

Dalam menyusun langkah-langkah sebuah goals, kita harus menentukan terlebih dahulu kita berada di posisi mana untuk memulainya. Ibarat menggunakan maps/peta, tentu terlebih dahulu menentukan dua titik penting, yaitu titik keberangkatan dan titik tujuan, Nah goals kita adalah titik tujuan yang ingin dicapai. Anda bebas menentukan target sesuai dengan keinginan yang paling mendominasi pikiran Anda, namun sebelum memulai menyusun target tersebut dan bagaimana mencapainya, Anda harus terlebih dahulu mendefinisikan posisi atau kondisi Anda saat ini. Jika seorang teman menelpon saya bagaimana caranya menuju Tugu Selamat Datang, maka pertanyaan saya terlebih dahulu adalah dimana posisinya saat ini. Kenapa? karena jika ia berada di Ancol maka cara menuju Tugu Selamat Datang akan berbeda jika Ia berada di posisi Kebayoran Lama. Jadi, dimana posisi Anda saat ini? bagaimana kondisi keuangan Anda, kehidupan keluarga Anda, karier dan pekerjaan, hubungan sosial-kemasyarakatan Anda saat ini?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan umum yang berlaku untuk semua orang. Jika Anda ingin lebih spesifik pada diri Anda dapat mengadopsi pertanyaan tersebut sesuai dengan kondisi saat ini.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat sebuah check list atau daftar sederhana tentang kekuatan-kekuatan (strengths) Anda, kelemahan-kelemahan (weaknesses), peluang-peluang yang bisa didapat (opportunities), serta kendala-kendala (threats) yang mungkin menghambat.
Lakukan analisis sederhana berdasarkan data-data tersebut. Perlu diingat, bahwa analisis ini harus dilakukan secara jujur dan terbuka. Karena, analisis ini membantu kita untuk menyimpulkan beberapa hal seperti:

  • Hal-hal apa saja yang selama ini dilupakan atau diabaikan, padahal itu merupakan kelebihan-kelebihan kita yang bisa memberikan manfaat besar bagi kemajuan. Bisa jadi, jika kita mendayagunakan kekuatan ini, kita akan mendapatkan manfaat hasil yang luar biasa. Kumpulkan kekuatan-kekuatan tersebut, dan olah menjadi sebuah DISIPLIN.
  • Kelemahan internal apa saja yang selama ini membuat Anda jalan ditempat, apakah termasuk kategori orang malas, takut mencoba hal baru, pemalu, rendah diri dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit ini merupakan sebuah benalu yang akan menggerogoti semangat dalam diri. Kumpulkan semua benalu tersebut dan kemudian 'bakar' dengan api bernama KOMITMEN.
  • Peluang-peluang dan kesempatan apa saja yang selama ini kita lewatkan dan tidak digunakan. Bisa jadi, peluang-peluang tersebut yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan. Buatlah daftar peluang-peluang tersebut dalam skala prioritas, kemudian jadikan sebuah HASRAT yang kuat. Letakkan daftar tersebut disamping goals statement kita.
  • Kendala-kendala apa saja yang selama ini menghambat kemajuan kita, seperti kekurangan dana, persaingan yang terlalu ketat, dan lain-lain. Buat daftar yang jelas dalam hal ini. Kemudian sempatkan waktu untuk memikirkan secara sungguh-sungguh tentang bagaimana mengatasi kendala-kendala tersebut. Bisa juga kita menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan orang-orang positif yang kita yakini bisa membantu mencari jalan keluarnya. Kemudian hadapi rintangan-rintangan tersebut dengan sebuah TINDAKAN.
Demikian cara menyusun sebuah goals dan semoga membantu...




No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...