February 5, 2020

Kekuatan Yang Tidak Terlihat


Pernahkah Anda memikirkan rahasia sesungguhnya dari sebuah kesuksesan? Mengapa di dunia ini ada orang sukses tetapi lebih banyak lagi orang gagal? Sejak dulu, formula-formula untuk menggapai kesuksesan telah banyak dibicarakan orang, tetapi kenyataannya banyak orang gagal dari pada sukses.
Earl Nightingale, salah seorang maha guru motivasi merumuskan kunci kesuksesan hanya dengan enam kata singkat, yang bukan hanya merupakan kunci kesuksesan, tetapi juga bisa menjadi kunci kegagalan seseorang. Enam kata tersebut adalah: We Become What We Think About (Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan). Perhatikan ilustrasi cerita berikut ini:

Dua orang pramuniaga bekerja di dua toko berbeda yang menjual produk sejenis. Pramuniaga pertama mempunyai sikap yang positif, setiap kali pelanggan yang datang ke toko nya, ia selalu berpikir dan yakin bahwa si pelanggan itu pasti akan membeli. Ekspektasi positif akan terjadinya transaksi menyebabkan pramuniaga ini melayani dengan antusias dan sikap ini menular ke pelanggan yang masuk ke toko nya yang pada ada akhirnya sebagian besar pelanggan itu pun membeli.
Berbeda hal nya dengan pramuniaga kedua. Pramuniaga ini selalu berpikir bahwa pelanggan yang datang ke toko nya tersebut sebagian besar hanya untuk melihat-lihat bukan untuk membeli. Karena nya, muncullah ekspektasi negatif dalam dirinya. Hal ini menyebabkan ia melayani pelanggan tidak antusias dan acuh. Sekali lagi, hal ini menular ke pelanggannya, hingga menyebabkan para pelanggan sedikit yang melakukan transaksi di toko nya.

Inilah kekuatan dari sebuah belief (keyakinan). Keyakinan akan mempengaruhi sikap hidup seseorang terhadap setiap hal yang dialaminya. Sikap sangat bergantung dengan keyakinan yang Anda miliki. Jika Anda menganggap bahwa semua orang yang dikenal akan mengambil keuntungan dari Anda, Anda akan me-refleksikannya dalam sikap terhadap semua orang. Demikian juga sebaliknya, jika Anda menganggap semua orang pada dasarnya baik dan ingin membantu Anda, Anda akan melihat 'dunia' yang berbeda. Keyakinan akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, atau sebaliknya menjadi lebih buruk.

     Tidak ada keyakinan yang benar atau pun yang salah, yang ada hanyalah keyakinan yang memberdayakan atau keyakinan yang tidak diberdayakan. Setiap keyakinan akan memberikan pilihan tindakan yang diambil. Keyakinan positif akan membawa Anda lebih dekat dengan apa yang diinginkan, dan sebaliknya keyakinan negatif pun akan membawa Anda lebih dekat dengan apa yang tidak Anda inginkan.
Contoh: jika Anda inginkan menyelesaikan sebuah pekerjaan tepat waktu dan Anda memiliki keyakinan bahwa Anda dapat menyelesaikan tepat waktu, Anda akan mendapatkan apa yang di inginkan. Namun, jika Anda merasa takut bahwa Anda tidak mampu menyelesaikannya tepat waktu dan hal ini telah masuk kedalam keyakinan Anda, maka pikiran Anda akan selalu memikirkan ketakutan itu dan sedihnya keyakinan itu seringkali menjadi kenyataan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...