February 10, 2020

Orang Cerdas Menambahkan

Cara terpenting dalam belajar adalah pengamatan yang mendalam. Pelajaran yang mengajari kita dasar kesuksesan ada disetiap pertemuan kita dengan orang lain.

Renungkan contoh berikut ini: Anda datang ke sebuah toko permen dan memesan setengah kilo permen yang sudah dibuka kardusnya. Pegawai dibelakang konter meletakkan setumpuk permen diatas timbangan, kira-kira hampir satu kilo, lalu mengurangi permen diatas tersebut, hingga beratnya sampai setengah kilo.
Bagaimana perasaan Anda?. Dibawah sadar, Anda merasa setumpukan permen diatas timbangan tersebut adalah permen Anda, dan ketika pegawai konter itu mengurangi beberapa ons permen, Anda akan was-was karena merasa dicurangi ukurannya.
Tetapi karyawan konter yang cerdas akan menggunakan teknik yang berbeda, dengan menggunakan pendekatan tambah.
Dia akan meletakkan jumlah ukuran yang kurang dari setengah kilo terlebih dahulu, lalu akan menambahkan beberapa ons permen hingga jumlahnya mencapai setengah kilogram. Dibawah sadar, hal tersebut akan membuat Anda merasa senang karena Anda merasa mendapatkan tambahan permen.

Setengah kilogram itu tetap 500 gram, tetapi cara mengukurnya bisa membuat perbedaan yang besar. Cerita serupa terjadi pada sebuah supermarket yang tidak perlu saya sebutkan namanya. Ada seorang wanita yang mengantri di depan konter makanan laut dan memesan setengah kilogram udang. Pegawai konter kemudian meletakkan hampir satu kilo udang diatas timbangan lalu mulai mengurangi kelebihannya. namun, ketika sedang mengurangi udangnya sampai setengah kilo, tiba-tiba wanita tersebut berkata, "Saya berubah pikiran, saya tidak jadi membeli", sambil berlalu pergi.
Sebenarnya pegawai konter tersebut hanya berhati-hati ketika menimbang barang, tapi poinnya adalah, jangan pernah membuat pelanggan merasa tertipu.

Pebisnis yang sukses mencari cara kreatif untuk menggunakan taktik tambahan untuk meningkatkan penjualan. Langganan majalah diberi hadiah kalkulator saku gratis, atau sekarang yang lagi marak 'Buy one Get one'. Orang-orang menyukai membeli ketika kita memberikan lebih dari yang diharapkan sebagai pertukaran uang mereka.

Kita bisa menggunakan prinsip "tambah" disetiap sisi kehidupan:
  • Lakukan tambahan kerja kepada pemberi kerja, maka kita akan menjadi kandidat untuk dinaikkan gajinya, tunjangan dan promosi.
  • Tunjukkan rasa hormat kepada tukang parkir, maka kendaraan Anda akan diperlakukan atau dijaga dengan lebih baik pula.
 Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Disini...